26 WNA Sindikat Penipuan Internasional ditangkap Bareskim Polri

16 March 2022 | 74
image source : lawyer-monthly.com

MediaJustitia.com: Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, menangkap 26 WNA asal China, dan Taiwan, diduga pelaku penipuan lintas negara dengan menggunakan sarana media elektronik.

22 WNA asal China dan 4 orang WNA asal Taiwan, menyamar sebagai polisi China, dan menghubungi korban di negaranya terkait suatu kasus, lalu meminta sejumlah uang. Terduga ditangkap di empat lokasi berbeda di kawasan Jakarta. Enam orang diamankan di sebuah rumah di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Berdasarkan hasil pengembangan selanjutnya, penyidik mengamankan 19 orang tersangka di Penjaringan, Jakarta Utara dan Jati Karya, Kota Bekasi

“Kemudian berkembang lagi di TKP ke 2, yaitu di perumahan harmoni 5 PIK 2, kami berhasil mengamankan 1 orang. Kemudian berkembang lagi ke TKP 3, yaitu di Jalan Pluit Utara Raya Nomor 36, Penjaringan, Jakarta Utara berhasil lagi diamankan 4 orang,” ujar dia.

“Dan yang terakhir dikembangkan ke perumahan Citra Grand Kawasan Nusa 2 blok d2 no. 10, RT/RW 02/11, Jatikarya, Kota Bekasi. Dari TKP 4, diamankan 15 orang,” tambahnya.

Sindikat penipuan internasional tersebut telah beroperasi awal 2021 dan menyebabkan 350 korban, mengalami kerugian puluhan miliar rupiah.

Mereka berpura-pura menjadi staf operating center. Mereka bertugas mencari nomor handphone dan mengidentifikasi calon korban.

“Kemudian menghubungi baik melalui jaringan seluler atau WA, mengaku sebagai polisi China dan menyebarkan berita bohong,” jelasnya.

Polri menyebutkan pihaknya turut menangkap koordinator jaringan dari penipuan lintas negara asal Taiwan yang bernama Cwang Ming Tang.

“Dittipidum Bareskrim Polri pada Senin (14/3) mengamankan 26 pelaku penipuan lintas negara,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/3).

 

Artikel ini telah terbit di Kompas.tv dan cnnindonesia.com

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...