17 June 2020

Akademisi Berharap RUU Ciptaker Mampu Melindungi UMKM

Guru Besar Hukum Universitas Borobudur Jakarta Prof. Dr. H. Faisal Santiago, S.H., M.M. (FOTO:ANTARA/dokumentasi pribadi)

MediaJustitia.com: Ketua Program Doktor Hukum Universitas Borobodur Jakarta, Prof. Dr. Faisal Santiago memberikan dukungan untuk disahkannya Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker).

Prof. Fasial menilai bahwa salah satu ketentuan dalam RUU ini yaitu kemudahan berinvestasi merupakan suatu hal yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

““Kemudahan investasi adalah salah satu faktor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Prof. Faisal Santiago saat dihubungi di Jakarta, Rabu, (17/7).

Menurutnya, di Indonesia, sudah ada sejak dahulu aturan mengenai investasi yaitu Undang-Undang Penanaman Modal Asing (UU PMA) yang mengundang investasi asing. Namun, dalam implementasinya, UU PMA tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena investor hanya mau berinvestasi yang sifatnya padat karya.

Oleh karena itu, Prof. Faisal mendorong agar DPR dan Pemerintah untuk mengesahkan RUU ini menjadi Undang-Undang, dengan catatan untuk memeudahkan dan melindungi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bukan untuk mempersilahkan Tenaga Kerja Asing (TKA) atau usaha asing.

“Memudahkan syarat mendirikan usaha untuk UMKM harus selalu didukung karena sektor ini salah satu penyumbang pergerakan ekonomi di Indonesia,” katanya.

Terlebih dengan adanya krisis ekonomi pasca adanya pembatasan aktivitas karena wabah virus corona atau Covid-19. Dia tidak mempersoalkan DPR-Pemerintah mengesahkan RUU ini di masa pandemi saat ini.

“Saya mendorong lahirnya UU Ciptaker ini (disahkan). Masa Covid-19 jangan menjadi sebuah hambatan untuk membangun bangsa,” pungkasnya.

 

 

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *