Atasi Kompleksitas Permasalahan Kontrak Konstruksi, PT PGAS Solution gandeng Justitia Training Center Gelar Pelatihan Ahli Kontrak Kerja Konstruksi

1 July 2024 | 24

Mediajustitia.com – Indonesia sering menghadapi berbagai permasalahan dalam kontrak kerja konstruksi, seperti kurangnya pemahaman terhadap aspek hukum kontrak, penyusunan dokumen kontrak yang kurang tepat, dan strategi negosiasi yang tidak efektif. Permasalahan ini seringkali mengakibatkan perselisihan dan kerugian bagi pihak-pihak yang terlibat, serta berpotensi menunda penyelesaian proyek konstruksi.

PT PGAS Solution (PGAS Solution) memandang bahwa peningkatan kompetensi dalam memahami dan mengelola kontrak kerja konstruksi adalah kunci untuk meminimalisir risiko dan meningkatkan efisiensi proyek. Dengan merespon permasalahan tersebut, PT PGAS Solution bekerja sama dengan Justitia Training Center menyelenggarakan In House Training Ahli Kontrak Kerja Konstruksi untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil agar lebih kompeten dalam pengelolaan kontrak kerja konstruksi yang kompleks.

PT PGAS Solution (PGAS Solution) didedikasikan untuk fokus pada teknis dan operasional aspek di bidang gas. Perusahaan ini berawal dari divisi teknis PGN,yang berhasil menyelesaikan jaringan transmisi dan distribusi gas di Indonesia. Proyek pemasangan pipa Sumatera Selatan-Jawa Barat. Proyek skala nasional ini adalah inspirasi di balik pembentukan PGAS Solution.

 

Pelatihan ini berlangsung dari Senin, 1 Juli s.d Rabu, 3 Juli 2024 di Kantor PT. Perusahaan Gas Negara, Jakarta Barat. Pelatihan ini diikuti oleh 10 peserta dan menghadirkan narasumber ternama dalam bidang hukum dan kontrak konstruksi, yaitu:

– Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.

– Antonius Sudarto Pudjowasito, S.H., M.H.

– Edi Usman, M.T., AU (MP & TBG)., CPE., CCMS.

Kegiatan ini diadakan di Komplek Perkantoran PT. Perusahaan Gas Negara, Gedung C Lantai 1, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat.

Pada saat pembukaan pelatihan ini, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., selaku Dewan Pembina Justitia Training Center dan juga narasumber pada pelatihan ini menyampaikan pentingnya untuk memahami hukum dan kontrak konstruksi.

“…Nah ini penting sekali Bapak Ibu sekalian karena kalau misalnya tidak hati-hati,kalau dari pengalaman saya membantu PGN dalam perkara-perkara arbitrase di luar negeri Itu karena kelemahan dari kita-kita jualan. Kelemahan karena kita selalu iya-iya saja. Apalagi kalau misalnya kontrak itu dalam bahasa Inggris. Dan kita tidak mencermati. Nah ini yang jadi permasalahan. Dan perusahaan rugi jutaan USD. Ini kita gak bicara soal ribuan dolar tapi sudah sampai jutaan USD. Menurut saya dalam hati sekarang saya pikir sayang. Ini semua tentu karena tidak hati-hatinya kita di dalam memahami hal kontrak. Di dalam membuat kontrak. Terutama kontrak konstruksi…” Ungkapnya.

Prof. Hikmahanto juga menyampaikan harapan kepada para peserta pelatihan untuk dapat memperoleh manfaat di kemudian hari dengan mengikuti pelatihan ini.

“…Oleh karena itu hari ini kita akan mengikuti pelatihan ini. Dan mudah-mudahan Bapak Ibu sekalian bisa mendapatkan manfaat dan kemudian bisa menjaga perusahaan. Menjaga agar kerugian yang besar sekali itu bisa dikecilkan resiko tersebut.”

Pelatihan ini mencakup berbagai materi penting, antara lain:

  1. Pengantar Hukum Kontrak
  2. Overview Kontrak Kerja Konstruks
  3. Tinjauan dan Aspek Hukum Kontrak
  4. Persyaratan dan Evaluasi Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang Bangun
  5. Pengendalian Kontrak Kerja Konstruksi
  6. Strategi Pengadaan Kontrak Kerja Konstruksi
  7. Teknik Penyusunan Dokumen Kontrak Konstruksi
  8. Teknik membuat Kajian Dokumen Kontrak Konstruksi
  9. Engineering Procurement Construction (EPC) Contract
  10. Teknik dan Strategi Negosiasi Kontrak Konstruksi
  11. Strategi Menyelesaikan Perselisihan Kontrak Konstruksi
  12. Manajemen Risiko Proyek
  13. Evaluasi Kegagalan Bangunan dari Aspek Kontraktual dan Komersial
  14. Teknik Menyusun Laporan Pekerjaan Kontrak Kerja Konstruksi
  15. Simulasi dan Pembahasan Penyusunan Laporan Pekerjaan Kontrak Kerja Konstruksi

Melalui pelatihan ini, PT PGAS Solution berharap para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam praktek kerja sehari-hari, sehingga dapat meminimalisir risiko dan meningkatkan efisiensi dalam proyek konstruksi.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...