Dampingi BUMN I2LI dalam Pelatihan dan Sertifikasi Ahli Kontrak Kerja Konstruksi, Justitia Training Center Hadirkan Kegiatan Terlisensi BNSP dan Terintegrasi LPJK

8 November 2023 | 26
Foto bersama IHT Pelatihan dan Sertifikasi Ahli Kontrak Kerja Konstruksi (foto: Media Justitia)

MediaJustitia.com: Justitia Training Center Kembali Dampingi BUMN Indonesia Infrastructure Learning Institute (I2LI) Gelar IHT Ahli Kontrak Kerja Konstruksi. Kerjasama ini sudah memasuki batch 2 dengan uji sertifikasi oleh LSP yang telah terlisensi oleh BNSP dan terintegrasi oleh LPJK.

Kegiatan ini berlangsung selama 5 (lima) hari 7 s.d 10 November & 13 November 2023. Adapun Pelatihan dan sertifikasi dilasanakan di Hotel Harper by Aston yang terletak di Jakarta Timur.

Diketahui para peserta dalam kegiatan ini merupakan pekerja yang tergabung dalam program Indonesia Infrastructure Learning Institute (I2LI) yang di dalamnya terdapat beberapa BUMN karya. Pada kegiatan ini peserta yang mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan dan sertifikasi berjumlah 25 orang yang berasal dari PT. Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk , PT Adhi Karya (Persero) Tbk ,PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Presiden Direktur Justitia Training Center Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CMLC., CTLC., C.Med. dalam sambutannya menjelaskan pentingnya kontrak dalam pelaksanaan pekerjaan kontruksi di Indonesia.

“Kerugian proyek terbesar pada umumnya bukan hanya disebabkan karena kesalahan perencanaan dan pelaksanaan fisik, namun juga dapat disebabkan karena kegagalan dalam mengelola kontrak pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Sehingga membutuhkan SDM yang betul-betul mehami dan memilki keahlian dalam bidang Kontrak Kerja Konstruksi,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Andy Hakim (Tim PMO General School Claim and Change Management I2LI) menuturkan pentingnya kontrak sebagai salah satu aspek vital bagi pelaksanaan operasional kontruksi.

“Kontrak kerja kontruksi merupakan landasan atau dasar dari dilaksanakannya proses operasional kerja kontruksi. Sering kali yang menjadi concern utama hanyalah pada operasional, namun sering kali luput bahwa kontrak ataupun dokumen kontrak merupakan aspek vital juga dalam pelaksanaan operasional kontrak kontruksi,” tuturnya.

Kegiatan ini menghadirkan para ahli dan pakar khususnya pada bidang kontrak konstruksi diantaranya Edi Usman, M.T., AU (MP & TBG)., CPE., CCMS.; Antonius Sudarto Pudjowasito, S.H., M.H., MIDSK., CCMS., CCCS.; Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.; Ir. Iman Purwoto, S.T., M.T., IPM.

Pada penghujung kegiatan, para peserta akan melakukan uji sertifikasi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan terintegrasi oleh LPJK sebelum dinyatakan kompeten.

Andy Hakim (Tim PMO General School Claim and Change Management I2LI)

Dalam wawancara yang dilakukan secara terpisah dengan team Media Justitia, Andy menyampaikan kegiatan ini sudah memasuki batch 2 dengan uji kompetensi yang dilakukan oleh LSP yang telah terlisensi oleh BNSP dan terintegrasi oleh LPJK.

“Justitia dan I2LI sudah beberapa kali mengerjakan kerjasama dimana saat ini sudah memasuki batch 2 yang uji sertifikasinya sudah diharmonisasikan antara BNSP dan LPJK,” jelasnya.

Andy juga menyampaikan harapan dilaksanakannya pelatihan dan sertifikasi ini dapat menjadi tempat pembelajaran yang hasilnya nanti dapat diimplementasikan dan berbagi dengan rekan dalam unit kerjanya masing-masing.

“Harapannya bapak/ibu mendapatkan pembelajaran dan juga dapat mengangkat case-case yang terjadi agar tercipta social learning. Insyaallah karena disini forumnya Edukasi sehingga semua case itu insyaallah dapat terangkat (teratasi),” jelasnya.

“Tidak hanya fokus pada sertifikasi tapi bagaiamana ibu/bapak dapat memahami ilmu mengenai kontrak kontruksi secara legalnya seperti apa dan nantinya dapat diimplementasikan. Kami juga berharap bapak ibu tidak hanya mendapatkan ilmu namun dapat juga dapat berbagi atau sharing kepada teman-teman di unit kerjanya masing-masing,” sambungnya. 

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...