DPP IKAPADA Resmi Kukuhkan Pengurus Baru Periode 2023-2026

24 March 2023 | 356

MediaJustitia.com: Badan Pengurus Pusat (BPP) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Padang Sidempuan (IKAPADA) resmi dikukuhkan pada Rabu, 22 Maret 2023 di Gedung Manggala Wanabhakti, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat. 

Untuk diketahui, Pengurus BPP IKAPADA Periode 2023-2026 ini dikukuhkan sesuai dengan Keputusan Ketua Umum IKAPADA Nomor 02/SK/BPP/03/2023 tertanggal 22 Maret 2023.

Usai pengukuhan, acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja oleh BPP IKAPADA juga silaturahmi bersama para tokoh serta perantau asal Sumatera Utara terkhususnya Padang Sidempuan dan sekitarnya yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IKAPADA Dr. Ir. Ongku P. Hasibuan M.M. yang juga merupakan Anggota DPR RI menyampaikan sejumlah potensi yang dimiliki oleh jajaran pengurus IKAPADA ini.

“Sebagai kelanjutan dan melaksanakan amanat MUBES IKAPADA yang lalu, selama kurang lebih 1 (satu) bulan ini kami telah menyusun Struktur BPP IKAPADA periode 2023-2026, melalui diskusi dan urun rembug berbagai pihak, termasuk sudah melaporkan rancangan Struktur BPP IKAPADA dimaksud kepada Dewan Pembina/ Hatobangon IKAPADA,” ujar Ongku.

Beliau menambahkan, penyusunan BPP IKAPADA ini sudah dilakukan merujuk pada AD ART IKAPADA, katanya, termasuk mengajak musyawarah calon ketua umum yang ikut pada yang lalu.

“Saya percaya bahwa kemampuan yang dimiliki para anggota dan pengurus IKAPADA akan dapat berkontribusi secara positif, baik dalam memajukan perkumpulan maupun dalam pemikiran dan karya nyata membantu pembangunan Kota Padang Sidempuan dan sekitarnya. Kami akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk memajukan perkumpulan dan daerah, melalui beragam program di bidang pendidikan, kesenian, kebudayaan, kerohanian, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, dan lainnya,” ujarnya.

Adapun program yang direncanakan tersebut di antaranya adalah dalam bidang pendidikan meliputi program beasiswa, rumah singgah untuk pelajar Padang Sidempuan yang akan menempuh pendidikan di wilayah Jabodetabek, pelatihan ketrampilan dan atau bimibingan belajar, serta beragam kegiatan lainnya, seperti lomba karya ilmiah, membantu memfasilitasi para pelajar dari wilayah Tabagsel yang akan menempuh Pendidikan Tinggi di Jawa. 

Tak hanya itu, terdapat juga rencana untuk kegiatan seminar yang bertemakan potensi daerah Padangsidimpuan, pelatihan bidang UMKM, serta lomba seni, budaya, dan olahraga.

Pesan Para Tokoh

Ketua Dewan Penasihat IKAPADA Doli Diapari Siregar berpesan agar IKAPADA tetap menjadi sebuah organisasi yang tangguh, profesional, loyal, berintegritas, dan berprestasi.

“IKAPADA harus bisa berkontribusi nyata untuk membantu masyarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina/Hatobangon Dr. Chairuman Harahap, S.H. M.H. dalam pengarahannya turut berpesan kepada Pengurus yang baru dikukuhkan untuk selalu menjaga ukhuwah dan silaturrahim, seraya terus memberikan karya nyata bagi anggota IKAPADA khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

“Hal-hal yang dipandang kurang atau perlu diperbaiki pada masa-masa sebelumnya agar dapat diperbaiki dan dilengkapi pada masa kepengurusan baru ini,” ujar Dr. Chairuman.

Sementara itu, Sekretaris Umum IKAPADA Chaidir Ritonga menyampaikan, bahwa banyak hal yang harus kita lakukan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi orang lain khususnya untuk masyarakat Padang Sidempuan dan sekitarnya.

Pimpinan Daerah hingga masyarakat umum dari berbagai daerah yang berasal dari Padang Sidempuan dan sekitarnya turut pula menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan BPP IKAPADA. 

Salah satunya adalah Walikota Padang Sidempuan Irsan Nasution, S.H., M.M. dalam sambutannya yang disampaikan melalui rekaman video mengatakan mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan BPP IKAPADA. 

“Mewakili segenap masyarakat Padang Sidempuan kami mengucapkan terima kasih kepada IKAPADA yang sudah teruji komitmen dan kontribusinya bagi pembangunan Kota Padangsidimpuan selama ini. Dengan kepengurusan yang baru ini, bersama kakanda Dr. Ir. Ongku P.Hasibuan, M.M, kami percaya bahwa IKAPADA akan terus mengambil peran penting mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kota Padangsidimpuan”, ujarnya.

Sementara itu Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu S. Pt., M.M. dalam sambutannya juga mengucapkan selamat atas pelantikan BPP IKAPADA.

“Selamat dan Sukses atas pengukuhan BPP IKAPADA, semoga bisa bekerjasama dengan pemerintah Tapanuli Selatan untuk memajukan wilayah Tabagsel,” kata Dolly.

Acara ini turut dihadiri oleh tokoh-tokoh senior asal Tapanuli Bagian Selatan, yakni Mayjen TNI (Purn) Dahler Syaiful Hasibuan, Prof. Dr. Bomer Pasaribu, Brigjen TNI (Pur) Sofwat Nasution, tokoh adat Angkola Drs. H. Mara Hasian Harahap, Prof. Hermanto Siregar, Drs. Syamsul Efendi Sitanggang, Dr. Hj. Mariana Lubis, MM dan tokoh masyarakat lainnya.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...