Gebrakan Pengurus DPC AAI Jakarta Barat: Canangkan Inovasi Multimedia dan Spesialisasi Advokat!

11 February 2023 | 181
Penyerahan Pataka oleh Ketua DPP AAI kepada Ketua DPC AAI Jakarta Barat (foto: Media Justitia)

MediaJustitia.com: Selaraskan slogan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Advokat Indonesia (DPP AAI) “Maju Bersama”, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AAI Jakarta Barat lantik pengurus masa bakti 2023-2028 dengan mengusung tema “Save Natural and Artificial Intelligence Towards Progress Together”.

Pelantikan terlaksana pada Jumat (10/02/23) di Hotel Mega Anggrek, Jakarta Barat dengan dihadiri oleh perwakilan Walikota Jakarta Barat, perwakilan Kapolres Jakarta Barat, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, perwakilan Dandim Jakarta Barat, DPP AAI beserta jajarannya, serta Ketua DPC AAI Jakarta lainnya.

Para tamu undangan terlebih dahulu disambut dengan tarian selamat datang oleh Sanggar Tari Tradisional Yudha Asri, sebelum kemudian mendengarkan laporan ketua pelaksana, Eka Trina Silaban, S.H.

“Kami berharap dengan berdirinya DPC AAI Jakarta Barat, kami dapat turut serta dalam mengembangkan dunia advokat, khususnya di dalam organisasi AAI. Kami percaya, di bawah kepemimpinan ketua, kami dapat berprogres, baik dalam berorganisasi maupun dalam menjalankan profesi agar dapat turut serta menjadi advokat berintegritas dan memiliki etos kerja advokat sebagai advokat yang bertanggung jawab sesuai profesi mulia dan terhormat.”

DPC AAI Jakarta Barat melantik 30 pengurus yang terdiri atas pengurus inti, dewan penasihat, dewan kehormatan, dan komisi pengawas.

Ketua DPC AAI Jakarta Barat, Rinto E. Paulus Sitorus, S.H., M.H. dalam sambutannya, menjelaskan latar belakang pemilihan tema pelantikan, yakni “Natural” yang mengindikasikan para pengacara milenial tetap menghormati para senior, sejarah advokat, Undang-Undang Advokat, dan Kode Etik Advokat. “Artificial Intelligence” sebagai bagian dari proses dinamika dunia pengacara, sehingga diharapkan para advokat mengerti perkembangan dinamika A.I yang telah masuk ke sendi-sendi dunia. “Towards,” menuju dan “Progress Together” sebagai perwujudan slogan AAI yakni maju bersama dan sejahtera bersama.

Dokumentasi tim Media Justitia

Menghormati organisasi advokat sebagai mitra pengadilan, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, A. Bondan S.H., M.H., merasa tersanjung dapat hadir dalam pelantikan tersebut.

“Mari kita sama-sama bertekad untuk menegakkan hukum dan keadilan. Masing-masing dari kita punya peranan tersendiri dalam hal tersebut. Di bidang advokat misalnya, dengan memperjuangkan pencari keadilan dalam memperoleh keadilan. Maju bersama, dalam arti hidup dan tumbuh bersama. Harapan kita dengan maju bersama, maka akan mencapai sukses bersama,” lanjut Bondan setelah mengucapkan selamat kepada para pengurus.

Mengamini hal tersebut, Ketua DPP AAI (Ranto P. Simanjuntak, S.H., M.H.), meyakini bahwa DPC AAI Jakarta Barat akan membawa Jakarta Barat maju dan membawa kesuksesan bersama.

“Ini merupakan ujung tombak daripada organisasi, sebagai tempat para anggotanya untuk berkarir dan memberdayakan diri. Saya sangat mengapresiasi jajaran kepengurusan yang diisi dengan orang-orang muda yang punya semangat muda,” imbuhnya.

Ranto berharap, dalam wawancara bersama tim Media Justitia, DPC AAI Jakarta Barat dapat mengayomi anggota dan para anggotanya bisa bermanfaat bagi masyarakat. 

Menurut Ranto, dilantiknya DPC AAI Jakarta Barat sebagai DPC terakhir di wilayah kotamadya Jakarta, tidak menjadikan DPC AAI Jakarta Barat tertinggal. Ranto meyakini, DPC AAI Jakarta Barat akan sukses dengan menjaga semangat, kekompakan dan mematuhi aturan dalam menjaga marwah advokat sebagai officium nobile.

Wawancara tim Media Justitia dengan Ketua DPP AAI (Ranto P. Simanjuntak, S.H., M.H.)

Diwawancarai secara terpisah, Ketua DPC Jakarta Barat, menuturkan bahwa tantangan DPC AAI Jakarta Barat adalah bukan hanya sekadar berdiri, melainkan memiliki warna tersendiri.

“Kami akan menunjukkan warna yang berbeda, salah satunya dengan berkolaborasi di bidang multimedia dengan universitas-universitas yang concern di fakultas teknologi. Kami hendak memadu padankan dunia teknologi dengan dunia hukum,” jelas Rinto.

Lebih lanjut, Rinto juga menegaskan bahwa di DPC AAI Jakarta Barat nantinya akan ada spesialisasi.

“Setiap advokat akan ada spesialisasinya, ciri khasnya, jadi tidak semua bidang/permasalahan dipegang. Kami juga memiliki budaya RCK, Ramah, Cerdas, dan Kejujuran. Kami tidak mau menggunakan metode-metode “jalur instan”’, imbuhnya.

Wawancara tim Media Justitia dan Ketua DPC AAI Jakarta Barat (Rinto E. Paulus Sitorus, S.H., M.H.)

Pembahasan lebih lanjut mengenai inovasi dan gebrakan DPC AAI Jakarta Barat sebagai pelengkap AAI yang sebelumnya sudah ada, akan dibahas pada Rapat Kerja Cabang (Rakercab) mendatang.

DPP AAI sendiri memiliki target untuk melantik DPC AAI di seluruh Indonesia. Adapun agenda pelantikan terdekat ialah pelantikan DPC Bekasi Kota, Jogjakarta, dan Manado. DPP AAI juga akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Medan.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...