30 April 2020

Jokowi Lantik Ketua MA Syarifuddin

Pengucapan sumpah dan janji Ketua MA Muhammad Syarifuddin di Istana Negara, Jakarta pada (30/4) (Foto: Screenshoot Youtube Sekertariat Presiden)

MediaJustitia.com: Presiden Joko Widodo resmi melantik Ketua Mahkamah Agun (MA) Syarifuddin di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (30/4). Syarifuddin menggantikan Hatta Ali yang telah pensiun dari jabatan ketua MA pada 1 Mei 2020.

Pelantikan Syarifuddin berdasarkan dalam surat keputusan Presiden RI Nomor 41/P Tahun 2020 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan Pengangkatan Ketua MA tertanggal 21 April 2020.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua MA dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ujar Syarifuddin. 

Usai mengucap sumpah, Syarifuddin menandatangani berita acara pelantikan di hadapan Jokowi.

Selain Syarifuddin, Jokowi juga melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul untuk masa jabatan 2020-2025. Pelantikan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya Manahan menjabat sebagai Hakim MK pada masa jabatan 2015-2020.

Prosesi pelantikan sendiri berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Semua tamu undangan maupun kepala negara menggunakan masker dengan tetap saling menjaga jarak satu sama lain.

Adapun pejabat negara yang hadir dalam pelantikan ini pun tidak terlalu banyak. Hanya terlihat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Syarifuddin diketahui terpilih sebagai ketua MA usai mengumpulkan 32 suara mengalahkan calon lainnya Andi Samsan Nganro yang mengantongi 14 suara. Ia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial. 

 

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *