Justitia Lahirkan Lebih dari 2000 Mediator Non-Hakim Sejak 2018

10 June 2024 | 9
Sesi foto bersama Pelatihan dan Sertifikasi Mediator Angkatan XLVI

Mediajustitia.com: Justitia Training Center bersama Badan Mediasi Nasional Indonesia (BaMNI) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Mediator Angkatan XLVI . Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 29 Mei 2024 hingga 02 Juni 2024.

Pelatihan ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting. Jumlah peserta Pelatihan dan Sertifikasi Mediator Angkatan XLVI diikuti sebanyak 28 orang, yang berasal dari berbagai instansi maupun individu.

Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med. selaku Presiden Direktur Justitia Training Center menjelaskan bahwa Justitia sudah melahirkan lebih dari 2000 Mediator Non-hakim yang kompeten sejak 2018 hingga saat ini.

“Justitia Training Center sudah berfokus di bidang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa sejak tahun 2018 yang mana hal tersebut dapat dibuktikan melalui terjalinnya kerjasama dengan sejumlah lembaga baik secara nasional dan juga internasional di bidang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Dan sampai saat ini setelah angkatan ke 46 ini Justitia sudah melahirkan lebih dari 2000 mediator non-hakim yang kompeten,” ungkapnya.

Andriansyah juga menambahkan bahwa peserta akan mendapatkan pembekalan materi oleh ahli dan juga praktisi yang sudah tersertifikasi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia

“Bapak ibu jangan khawatir karena nanti Bapak Ibu akan dibimbing, dilatih dan diberikan pembekalan materi oleh ahli dan juga praktisi di bidangnya masing-masing dan juga akan didampingi oleh para coach yang sudah tersertifikasi mediator Mahkamah Agung Republik Indonesia, dan dengan bangga saya sampaikan bahwa saat ini Justitia Training Center merupakan satu-satunya LSP di Indonesia yang sudah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” tambahnya.

Beberapa narasumber yang turut hadir dalam pelatihan ini meliputi Prof. Dr. H. Faisal Santiago, S.H., M.M.; Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.; Dr. Diah Sulastri Dewi, S.H., M.H.; Dr. H. Edi Hudiata, Lc., M.H.; Dr. Henny Marlyna, S.H., M.H., M.L.I.; Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med.; Dhea Yulia Maharani, S.H., M.H., CCD., C.Med.; Hyang I. Mihardja, S.H., M.B.A.; dan Ismu Bahaiduri, S.H., M.H.;

Adapun garis besar materi yang diberikan dalam pelatihan antara lain:

  1. Orientasi Pelatihan Sertifikasi Mediator
  2. Dasar-dasar Mediasi Menurut PERMA Nomor 1 Tahun 2016
  3. Administrasi Mediasi di Pengadilan
  4. Presentasi diri Mediator
  5. Merancang & Merencanakan Proses Mediasi
  6. Mediasi Penal & Restorative Justice
  7. Tahapan Mediasi
  8. Mengidentifikasi Masalah & Menyusun Agenda
  9. Memfasilitasi Para Pihak
  10. Teknik Reframing dalam Mediasi
  11. Mengungkap Kepentingan Tersembunyi & Kaukus
  12. Keahlian Negosiasi dalam Proses Mediasi
  13. Mengakhiri Proses Mediasi dengan Efektif & Efisien
  14. Membuat Nota Kesepakatan
  15. Kode Etik Mediator & Pedoman Perilaku Mediator
  16. Simulasi Proses Mediasi
  17. Pemutaran Film Mediasi

Pada akhir kegiatan, para peserta akan menghadapi ujian kompetensi dan diberikan kesempatan untuk mengikuti uji sertifikasi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia.

Salah satu peserta Dedy Bernandus Simanjuntak S.E., B.A., S.H., M.H., CCD., CCCS., CMLC. saat diwawancarai oleh tim Media Justitia menjelaskan alasan mengapa ia memilih Pelatihan dan Sertifikasi di Justitia Training Center.

“Justitia Training Center mengkomitmenkan dirinya sebagai lembaga pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang hukum. Jadi Justitia Training Center adalah tempat bagi profesional hukum untuk mengembangkan kemampuan dan skill bidang hukum, jadi Justitia adalah tempat paling tepat,” jelasnya.

Selain Dedy tim Media Justitia juga mewawancarai Debora Gracia Saragih, S.H. yang berasal dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), ia merasa sangat puas selama kegiatan berlangsung karena dibekali materi dari para pemateri profesional dan berpengalaman.

“Selama 5 hari mengikuti pelatihan, saya merasa sangat puas dengan kualitas materi dan metode pengajaran yang diberikan. Para pemateri sangat profesional dan berpengalaman, sehingga mampu menyampaikan materi dengan jelas dan aplikatif. Selain itu, panitia pelaksanaan pelatihan ini juga sangat membantu dan responsif. Secara keseluruhan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan banyak ilmu baru bagi saya,” ujarnya.

Informasi mengenai Pelatihan dan Sertifikasi Mediator selanjutnya bisa menghubungi 0811 1282 112 (Rafly) 0811 8891 492 (Tami)

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...