13 March 2020

KPK Akan Lelang Barang Rampasan Negara dari Empat Terpidana Korupsi

MediaJustitia.com: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III akan melelang barang rampasan negara dari empat terpidana perkara korupsi pada Kamis (19/03) mendatang.

“Dalam rangka upaya memaksimalkan pemasukan bagi kas negara yang bersumber dari hasil barang rampasan, KPK akan melaksanakan lelang barang-barang miliki terpidana,” Ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri pada Jumat, (13/03).

Diadakannya pelelangan tersebut berdasarkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 65/PID.SUS/TPK/2018/PN.JKT.PST pada tanggal 3 Desember 2020 atas nama terdakwa Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan terdakwa II Made Oka Masagung.

Selanjutnya, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 57/PID.SUS-TPK/2019/PN.JKT.PST pada 23 Mei 2019 atas nama terdakwa Budi Suharto. Serta Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 57/PID.SUS-TPK/2019/PN.JKT.PST pada 12 September 2019 atas nama terdakwa Budi Suharto.

Adapun objek yang akan dilelang, yakni dalam satu paket terdiri dari satu DVR merk DG Tech, sebuah Ipod, enam telepon genggam merk Samsung, satu telepon genggam merk Blackberry, satu telepon genggam merk Vivo, satu  telepon genggam OP, dan datu telepon genggam merk Sony Xperia.

Harga limit satu paket yang akan dilelang tersebut senilai Rp5.307.000. Peserta lelang diwajibkan memberikan uang jaminan Rp1,1 juta.

Selanjutnya, satu MacBook Pro dengan harga limit Rp5.228.000 di mana peserta lelang juga diwajibkan memberikan uang jaminan Rp1,1 juta.

Kemudian dijual dalam satu paket terdiri dari satu digital Vidio Recorder, empat telepon genggam Samsung, dan dua telepon genggam Nokia dengan harga limit Rp3.231.000 dan uang jaminan Rp700 ribu.

Selanjutnya, satu telepon genggam Samsung Galaxy Note 9 dengan harga limit Rp6.356.000 dan uang jaminan Rp1,3 juta.

Terakhir, empat buah keping logam diduga logam mulia emas dengan harga limit masing-masing satu keping logamnya senilai Rp68.075.000 dan uang jaminan Rp15 juta.

Lelang akan dilakukan pada Kamis (19/3/20220) bertempat di KPKNL Jakarta III di Jalan KKO Usman dan Harus Nomor 10 Jakarta Pusat dengan batas akhir penawaran sampai pukul 15.00 WIB.

Untuk diketahui, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo yang merupakan keponakan Setya Novanto dan Made Oka Masagung telah dijatuhi vonis masing-masing 10 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan terkait perkara korupsi pengadaan KTP-elektronik.

Sementara eks Deputi IV Kemenpora Mulyana merupakan terpidana perkara suap penyaluran pembiayaan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora pada KONI Tahun Anggaran 2018 yang telah dijatuhi vonis 4 tahun dan 6 bulan penjara ditambah denda Rp200 juta subsider 2 bulan kurungan.

Sedangkan Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo Budi Suharto dijatuhi vonis 3 tahun penjara ditambah denda Rp100 juta subsider 2 bulan kurungan terkait perkara suap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di sejumlah daerah.

 

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *