Larang KPK Umumkan Tersangka Sebelum Konpers, Nawawi Pomolango: Cegah Terjadinya Polemik

28 November 2023 | 21
Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango (foto: detikcom)

Mediajustitia.com: Nawawi Pomolango telah resmi menjadi Ketua sementara KPK menggantikan Firli Bahuri. Nawawi meminta dimasa kepemimpinannya, KPK tidak mengumumkan sosok tersangka korupsi sebelum dilakukan konfrensi pers untuk mencegah terjadinya polemik.

“Dalam rapat yang kami gelar telah meminta untuk membiasakan diri kalau kita punya komitmen bahwa penetapan tersangka akan kita bacakan dalam pengumuman, kita konsisten dengan itu,” kata Nawawi di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (27/11/2023).

Nawawi meminta agar gagasan ini dapat dilaksanakan. Dia mengatakan hal itu untuk mencegah terjadinya polemik.

“Jangan sebelum tindakan penahanan atau tindakan apa sudah keburu ngomong, keceplosan, oh ini sudah tersangka. Ini menimbulkan persoalan,” katanya.

Menurut Nawawi, kebijakan itu juga telah menjadi acuan KPK sebelum dia menjabat sebagai Ketua KPK. Dia meminta standar itu diterapkan secara konsisten.

“Saya sudah minta biro humas untuk tegas. Pimpinan juga diomongin dilarang itu, ngomong itu. Ini sudah jadi POB (prosedur operasional baku) kita. POB kan harus dipegang dilaksanakan. Jadi harus betul-betul dijalankan,” ujar Nawawi.

Lebih lanjut Nawawi mengatakan kebijakan itu juga diterapkan bagi pimpinan. Dia meminta pimpinan KPK tidak mengumumkan sosok tersangka di KPK sebelum adanya konpers penahanan tersangka.

“Biro humas kalau ada meskipun pimpinan tegur itu, nggak benar itu ngomong. Jadi apa yang disampaikan ke teman-teman betul-betul satu produk keputusan bersama,” pungkas Nawawi.

Artikel ini telah terbit di detik.com

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...