06 April 2020

Muhammad Syarifuddin Terpilih Menjadi Ketua Mahkamah Agung

MediaJustitia.com: Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Muhammad Syarifuddin terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 menggantikan Hatta Ali, yang memasuki masa pensiunnya.

Dalam pemilihan yang disiarkan secara live streaming pada Senin (6/4) pagi ini, Muhammad Syarifuddin terpilih secara voting dari para Hakim Agung yang memiliki hak suara. Ia terpilih setelah memenangkan 2 putaran.

Pada putaran pertama, Syarifuddin mendapatkan 22 dari 44 suara dimana 2 suara dinyatakan tidak sah dan Hatta Ali menyatakan abstain. Sedangkan di urutan nomor 2 di tempati oleh Ketua Muda MA Bidang Pengawasan sekaligus Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro mendapatkan 14 suara dan di urutan nomor 3 ialah Wakil Ketua MA bidang Non Yudisial, Sunarto dengan 5 suara.

Dikarenakan tidak memenuhi syarat 50% suara plus 1, voting dilanjutkan putaran kedua dan hanya diikuti oleh Syarifuddin dan Andi Samsan Nganro.

Pada putaran kedua, Syarifuddin kembali unggul dengan perolehan 32 suara dari 46 suarau sah dan Andi Samsan Nganro mendapatkan 14 suara. Adapun 1 suara yakni Hatta Ali abstain.

Dengan hasil tersebut, Syarifuddin ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih untuk periode 2020-2025.

Selanjutnya, Syarifuddin akan mengucap sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo setelah Hatta Ali menanggalkan jabatannya pada 1 Mei 2020 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Hatta Ali menyatakan untuk tidak menggunakan hak pilihnya dengan alasan ingin menunjukkan objektifitasnya dalam pemilihan tersebut.

“Pada kesempatan ini saya tidak menggunakan hak pilih saya mengingat terhitung 1 Mei 2020 saya sudah memasuki masa pensiun. Oleh karena itu kurang lebih sisa 3 minggu, di samping itu untuk menunjukan objektivitas saya, bahwa saya mendukung seluruh calon yang terpilih dan sama baiknya kualitas mereka di mata saya,” Ujar Hatta Ali yang disambut tepuk tangan para Hakim Agung.

 

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *