Ramai Penipuan Tiket Coldplay, Polisi Siap Usut Jual Beli Rekening

24 May 2023 | 46

MediaJustitia.com: Polisi bakal mengusut aksi jual beli rekening terkait maraknya kasus penipuan penjualan tiket konser Coldplay yang dilakukan oleh pasangan suami istri berinisial ABF (22) dan W (24).

Dalam pengungkapan kasus tersebut ditemukan fakta bahwa tersangka sengaja membeli sebuah rekening seharga Rp400 ribu untuk menampung dana hasil aksi penipuan mereka.

“Jadi, memang ada orang yang menawarkan untuk jual-beli rekening,” kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis di Jakarta, Rabu (24/5).

Auliansyah mengungkapkan pasutri itu sengaja membeli sebuah rekening untuk menyulitkan kepolisian dalam mengusut identitas mereka. Pasalnya, rekening tersebut bukan atas nama tersangka.

Dia menyampaikan saat ini penyidik masih menelusuri soal aksi jual beli rekening ini. Terlebih, penjualan rekening ini ternyata dimanfaatkan untuk melakukan aksi kejahatan.

“Kita lagi proses ini, karena kan kita tanya dari mana ininya (rekening) mereka beli, dengan harga berapa, kita akan kembangkan,” ucap dia.

Sebelumnya, polisi menangkap pasutri berinisial ABF dan W terkait aksi penipuan tiket konser Coldplay. Total ada 60 orang menjadi korban dalam kasus ini. Total kerugian mencapai Rp257 juta.

Dalam aksinya, pasutri ini membeli sebuah akun Twitter bernama @fintrove_id seharga Rp750 ribu. Lewat akun Twitter ini, mereka kemudian menawarkan jasa titip (jastip) pembelian tiket.

Polisi menyebut pasutri ini juga sengaja membeli tiket asli konser Coldplay seharga Rp4,5 juta untuk meyakinkan para korbannya.

Pasutri ini pun telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Keduanya dijerat Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45A ayat (1) UY Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 3, Pasal 4, Pasal 5 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Artikel ini telah terbit di CNN

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...