04 September 2020

Sempat Tertunda, Sidang Etik Ketua KPK Komisaris Jenderal Firli Bahuri Kembali Digelar Hari Ini

Firli Bahuri/Merdeka.com

MediaJustitia.com: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri akan kembali menghadiri sidang dugaan pelanggaran etik yang sempat tertunda dan sidang akan digelar oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Jumat (4/9/2020) yang dilaksanakan di Gedung Anti-Corruption Learning Center, Jakarta Sealatan.

Tertundanya sidang dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri dikarenakan KPK memberlakukan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Sebelumnya sidang digelar pada Senin tanggal 31 Agustus 2020.

Firli Bahuri diduga melanggar kode etik dan pedoman perilaku “Intergritas” yang tertuang pada Pasal 4 ayat (1) huruf c atau Pasal 4 ayat (1) huruf n atau Pasal 4 ayat (2) huruf m dan/atau “Kepemimpinan” pada Pasal 8 ayat (1) huruf f Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor: 02 Tahun 2020.

Firli dikenakan pasal tersebut dikarenakan menaiki helicopter mewah saat melakukan kunjungan ke Sumatra Selatan yakni rute dari Palembang ke Baturaja pada tanggal 20 Juni lalu. Hal ini menuai tanggapan dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI). MAKI menyebut bahwa Firli Bahuri menggunakan helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO. MAKI juga beranggapan bahwa Firli jelas melanggar aturan kode etik pimpinan KPK terkait larangan bergaya hidup mewah.

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *