Terpilih Aklamasi di Tengah Dinamika KLB, Ketua Umum Baru INI Akan Agendakan Konsolidasi

30 October 2023 | 114

MediaJustitia.com: Ikatan Notaris Indonesia (INI) melantik Ketua Umum dan Dewan Kehormatan Pusat (DKP) baru pada Kongres Luar Biasa (KLB) yang diselenggarakan pada 29-30 Oktober 2023 di Harris Hotel & Conventions, Festival Citylink Bandung.

Pelantikan Ketua Umum merupakan salah satu agenda KLB INI 2023 setelah diselenggarakannya Sidang Komisi dan Sidang-sidang Pleno. 

“Oleh karena sesuai hasil yang diputuskan oleh presidium bahwa Bacaketum (Bakal Calon Ketua Umum) tunggal adalah Dr. Irfan Ardiansyah, S.H., LL.,M., Sp.N, maka pemilihan akan dilakukan secara aklamasi,” pungkas Tim Pemilihan dalam laporannya.

Sebagaimana KLB diselenggarakan oleh 25 Pengurus Wilayah (Pengwil), keputusan aklamasi tersebut diterima dan disetujui oleh para pemilik suara KLB dari berbagai wilayah, sehingga Irfan Ardiansyah secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum PP INI Periode 2023-2027.

Pemilihan DKP INI juga turut diselenggarakan secara aklamasi dengan 5 nama calon, antara lain Risbert S. Soeleiman, S.H., M.H. sebagai Ketua DKP, Ismiati Dwi Rahayu, S.H. sebagai Sekretaris DKP; serta Dr. Harpendi Harahap, S.H., M.H., Herdimansyah Chaidirsyah, S.H., dan Dr. Udin Narsudin, S.H., M.Hum.

Ketua umum terpilih menuturkan rasa terima kasihnya atas amanat yang diberikan dan mengajak para anggota untuk memperkuat organisasi.

“InsyaAllah apa yang kita perjuangkan akan kita lanjutkan dan kita semua sepakat untuk itu. Di gedung ini pernah terjadi sejarah dan hari ini ada sejarah baru. Mari bersama-sama perkuat organisasi yang kita cintai ini agar tetap menjadi organisasi yang kuat dan berwadah tunggal,” tegasnya. 

Lebih lanjut Irfan menjelaskan bahwa anggaran dasar tidak membeda-bedakan anggota INI dan hanya memandang sebagai satu kesatuan.

“Proses dinamika ini biarkan saja berjalan dengan sebagaimana mestinya, yang penting kita saling merangkul dan bekerja sama. Adanya perbedaan itu biasa, dinamika juga bissa, tapi harus kita hadapi dan konsolidasikan sebagai kebutuhan bersama,” jelas Irfan. 

Sebelumnya, Tim Pengawas telah melakukan pengawasan terhadap sosialisasi kepada Bacaketum dan Calon DKP pada 12 Oktober silam dan tidak menemukan adanya pelanggaran.

Foto Bersama 25 Pengwil serta Ketua Umum dan DKP INI terpilih

Adapun ke-25 Pengwil INI yang memprakarsai KLB antara lain Pengwil Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Tenggara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

“Alhamdulillah KLB yang kami selenggarakan berjalan dengan lancar, aman, dan memenuhi semua agenda. Kami sangat berterima kasih kepada para anggota yang menjaga ketertiban,” pungkas Nenden Esty Nurhayati, S.H., Sp.N., M.Si. (Ketua Pelaksana KLB INI 2023).

Pada kesempatan yang sama, INI juga menetapkan lokasi Kongres dan Rapat Pleno Pengurus Pusat Yang Diperluas (RP3YD) selanjutnya, yakni Kongres akan diselenggarakan di Jawa Tengah dan RP3YD di Lampung. 

Sebelum mendaftarkan hasil KLB kepada Kementerian Hukum dan HAM, akan dilalui proses legitimasi terlebih dahulu, khususnya terkait formatur.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...