Tewaskan Warga Papua, Kepala Suku Tolak Kehadiran KKB

9 March 2022 | 83
https://regional.kompas.com/read/2022/03/08/164204978/usai-penembakan-8-pekerja-ptt-kepala-suku-puncak-saya-menolak-kehadiran-kkb?page=all

MediaJustitia.com: Delapan pegawai PT Palapa Timur Telematika (PTT) dibunuh secara sadis oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Delapan jenazah terebut dibawa ke RSUD Mimika untuk divisum dan diidentifikasi. Keluarga korban pun mulai berdatangan untuk melihat kondisi saudaranya.

Selain pegawai PTT, anak Kepala Suku Dani, Beby Tabuni, juga turut menjadi korban penyerangan KKB di Kabupaten Puncak, Papua.

Kepala Suku Umum Kabupaten Puncak, Abelom Kogoya, mengatakan dirinya selaku pimpinan atas suku-suku di Kabupaten Puncak menolak kehadiran KKB untuk masuk kembali ke daerahnya. Ia tidak menginginkan adanya korban jiwa lagi akibat konflik bersenjata.

“Saya tidak mau lagi mereka datang tembak-tembak tempat saya, kalau mereka berbuat lagi saya minta aparat keamanan langsung amankan mereka dan diproses,” kata Abelom Kogoya dalam keterangan yang diterima dari Polda Papua, Rabu (9/3/2022).

Abelom pun memandang KKB bukan masyarakat Papua karena tega membunuh sesama dan terus saja menebar ketakutan bagi masyarakat.

“Kalau dianggap saudara tidak mungkin anak ini Beby Tabuni mereka bunuh, mereka cuma buat hancur kota ini, mereka bakar, mereka membunuh,” kata Abelom.

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Pertahanan RI di Kabinet Kerja, Ryamizard Ryacudu, KKB merupakan kelompok yang ingin Papua melepaskan diri dari NKRI sehingga bisa disebut sebagai gerakan separatis.

“KKB sudah menjadi kelompok separatis yang mengancam keutuhan negara,” tegas Menhan.

Diketahui sejak dulu KKB kerap melakukan aksi teror atau penyerangan. Tidak hanya anggota TNI atau Polri, warga sipil bahkan turut menjadi korbannya.

Kurang dari tiga bulan di tahun 2022 ini, sudah terdapat 12 orang yang dibunuh oleh KKB. Sementara sepanjang 2021, sedikitnya 18 orang meninggal akibat ulah KKB.

Sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Organisasi Papua Merdeka (OPM).

 

Artikel ini sudah pernah tayang di tribunnews, kompas dan detik.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...