Animo Peserta Ujian Advokat DPN PERADI Tinggi: Terselenggara Serentak di 43 Kota!

18 June 2023 | 19
Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.H., (foto: nusantara tv

MediaJustitia.com: Sabtu (17/06/23), sebanyak 3.385 peserta di 43 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang sampai Sorong, mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA) yang digelar Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI).

Ketua Umum DPN PERADI, Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.H. menyampaikan bahwa UPA merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh DPN PERADI dan permintaan calon advokat untuk mengikuti ujian tersebut sangat banyak.

Prof. Otto menjelaskan, DPN PERADI menggelar UPA di banyak kota untuk memudahkan dan meringankan para calon advokat untuk mengikutinya, baik dari segi biaya, waktu, dan faktor lainnya.

Di wilayah DKI Jakarta sendiri, terdapat 1.032 orang peserta yang mengikuti ujian di Universitas Tarumanagara.

“Penyelenggaraan UPA ini  merupakan wujud nyata PERADI dalam melaksanakan tanggung jawabnya sesuai  UU Advokat No.18 Tahun 2003 kepada masyarakat. PERADI menerapkan standar kelulusan yang tinggi dalam setiap UPA, begitu juga Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA),” jelas R.Dwiyanto Prihartono, S.H., M.H., Ketua Harian DPN PERADI sekaligus Ketua Panitia UPA

Adapun PERADI menetapkan standar lulusan yang tinggi karena PERADI sangat mengedepankan kualitas dari peserta yang lulus UPA PERADI.

“Hanya para calon advokat yang benar-benar teruji yang dapat menyandang predikat advokat PERADI.  Itu sebabnya PERADI menerapkan standar kelulusan yang tinggi karena untuk kepentingan masyarakat agar ketika menggunakan jasa para advokat PERADI,  masyarakat akan mendapat kepastian mengenai kompetensi advokat yang membantunya,” pungkas Dwiyanto. 

Foto bersama UPA di Jakarta (foto: nusantara tv)

Hal serupa juga ditegaskan oleh Prof. Otto, bahwa penentuan kelulusan UPA sangat objektif dan independen karena PERADI menggunakan pihak ketiga dan menerapkan zero KKN.

“Animo untuk menjadi advokat PERADI ini sangat tinggi, setiap tahunnya hampir 10 ribu sarjana hukum mengikuti pendidikan advokat di PERADI, walaupun tidak semuanya lulus,” tegas Prof. Otto.

Prof. Otto turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para peserta karena masih mau bersusah payah untuk mengikuti UPA yang digelar PERADI, meskipun ada segelintir pihak yang bisa juga menjadi advokat tanpa ujian.

Turut hadir mendampingi Otto Hasibuan, antara lain, Ketua Dewan Pembina Julius Rizaldi, Bendahara Umum Nyana Wangsa, Ketua Dewan Kehormatan H.Adardam Achyar dah Ketua Komisi Pengawas Saud Usman Nasution serta dari jajaran Panitia Ujian Profesi Advokat (Pupa) PERADI 2023 yang bertugas di DKI Jakarta Turut hadir mendampingi Otto Hasibuan, antara lain, Ketua Dewan Pembina Julius Rizaldi, Bendahara Umum Nyana Wangsa, Ketua Dewan Kehormatan H.Adardam Achyar, Ketua Komisi Pengawas Saud Usman Nasution serta dari jajaran Panitia Ujian Profesi Advokat (Pupa) PERADI 2023 yang bertugas di DKI Jakarta yaitu R.Dwiyanto Prihartono (Ketua Panitia dan Ketua Harian DPN PERADI) dan Anitha DJ. Puspokusumo (Bendahara Pupa) serta anggota PUPA yaitu Zul Armain Aziz,  H. Sutrisno, Freddy Simatupang dan Riri Purbasari Dewi.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...