Gelar RAT, AKPI Pilih Ketua Umum dan Dewan Kehormatan Periode 2022-2025

24 August 2022 | 303

Mediajustitia.com: “Soliditas dan Profesionalisme Kurator dan Pengurus AKPI dalam Mempercepat Pemulihan Perekonomian Indonesia,” diusung Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) sebagai tema Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Pemilihan Umum (pemilu) pada Senin, 22 Agustus 2022 di Ritz Carlton, Pacific Place.

Dengan pendaftar sejumlah 1031 peserta, RAT dihadiri oleh 842 peserta dan juga perwakilan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LL.M (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Republik Indonesia).

Dalam sambutannya, Cahyo mengapresiasi kerjasama dan partisipasi aktif antara AKPI dan Kemenkumham. Cahyo juga berharap, siapa pun yang akan terpilih, dapat melanjutkan kerja sama antara AKPI dan Kemenkumham yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Sidang pleno diawali dengan pemeriksaan persyaratan kuorum sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar AKPI

“Pada Pasal 37, di sana diatur bahwa agar RAT dinyatakan sah untuk mengambil keputusan, ialah apabila jumlah peserta yang hadir lebih dari sebagian,” pungkas Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H. (Ketua Umum AKPI) dalam pengantar rapatnya.

Sidang pleno diawali dengan laporan Ketua Panitia (Anwar Tarigan, S.H., M.H.) dan diikuti oleh sambutan-sambutan, yakni sambutan dari Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H (Ketua Umum), Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H (Dewan Kehormatan), Dr. Ricardo Simanjuntak, S.H., LL.M., MCIArb (Ketua Dewan Sertifikasi), dan ditutup dengan sambutan dari Jamaslin James Purba, S.H., M.H (Ketua Dewan Penasihat).

Sambutan RAT AKPI 2022 (foto : Media Justitia)

Bukan periode yang mudah, Jimmy sangat mengapresiasi tekad Pengurus AKPI Periode 2019-2022 dalam menjaga marwah organisasi dan menjalankan 102 program kerja.

“Tentu banyak sekali kesalahan atau kekhilafan yang tidak kami sengaja, Pengurus AKPI periode 2019-2022, saya selaku Ketua Umum memohon maaf yang sedalam-dalamnya. Kalaupun ada keberhasilan dan pencapaian yang dilakukan selama 3 tahun semasa pandemi Covid-19, itu karena keberhasilan semua pengurus. Mari kita mengikuti, bersuka cita, bergembira dalam RAT dan juga berdemokrasi untuk memilih Ketua Umum dan Dewan Kehormatan periode 2022-2025,” imbuhnya

Sidang Pleno RAT AKPI 2022

Pimpinan Sidang RAT AKPI 2022 (foto : Media Justitia)

Berdasarkan Surat Keputusan No. 72/SK/AKPI/VIII/2022 tentang Penetapan Pimpinan Sidang RAT AKPI tahun 2022, pimpinan sidang terpilih antara lain:

  1. Dr. Arief Patramijaya, S.H., LL.M. (Ketua)
  2. Uli I. H. Simanungkalit, S.H., M.H. (Sekretaris)
  3. Perry C. P. Sitohang, S.H., M.H., (Anggota)
  4. Sahat Tamba, S.H., M.H. (Anggota)
  5. Anselmus B. P. Sitanggang, S.H. (Anggota)
  6. Alamo D. Laiman, S.H. (Anggota)
  7. Titik K. Soebagjo, S.H. (Anggota)
  8. Suhardi Lamaira, S.H., M.H. (Anggota)
  9. Nancy S. Silalahi, S.H., M.H., LL.M. (Anggota)

Sebelum sidang berlangsung, dilakukan pembahasan tata tertib terlebih dahulu yang berlangsung dengan cukup intens. Setelah disepakati bersama, barulah memasuki sesi penyampaian laporan pertanggungjawaban Pengurus, laporan keuangan AKPI, laporan pertanggungjawaban Dewan Kehormatan dan pernyataan bahwa Pengurus serta Dewan Kehormatan periode 2019-2022 dinyatakan telah demisioner.

Pesta Demokrasi AKPI

Sebagai penutup sekaligus puncak acara RAT AKPI tahun 2022 ialah terlaksananya Pemilu Ketua Umum dan Dewan Kehormatan yang berlangsung secara terstruktur.

Terdapat tiga kandidat yang lolos proses administratif dan verifikasi, antara lain Yudhi Wibhisana, S.H. sebagai calon nomor 1, Imran Nating, S.H., M.H. sebagai calon nomor 2, dan Dr. Jimmy Simanjuntak S.H., M.H. sebagai calon nomor 3.

Para calon Ketua Umum terlebih dahulu diberikan kesempatan untuk melakukan penyampaikan visi dan misi. Paparan visi dan misi para calon disambut dengan meriah oleh para pendukung dengan dilayangkannya yel-yel dan sorak-sorai dukungan kepada calon terkait.

Sementara itu, kandidat Dewan Kehormatan yang lolos proses administratif dan verifikasi adalah:

  1. R. Bobby Wijanarko, S.E., S.H., M.Hum.
  2. Petrus Bala Pattyona, S.H., M.H., CLA.
  3. Rulianto, S.H.
  4. Daniel Alfredo, S.H., M.H.
  5. Anthony L. P. Hutapea, S.H., M.H.
  6. Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H.
  7. Mappajanci Ridwan Saleh, S.H., M.Kn.
  8. Astro Pangihutan Girsang, S.H., M.H.
  9. Dedy Kurniadi, S.H., M.H.
  10. Tonggo Parulian Silalahi, S.H., STP., M.H.
  11. Andri Krisna Hidayat, S.H., M.Kn.
  12. Andreas D. Sukmana, S.H., M.H.
  13. Octolin H. Hutagalung, S.H., M.H.

Proses pemilu dengan sistem one man one vote diikuti dengan perhitungan suara yang disaksikan oleh 5 orang saksi (dalam perhitungan suara Dewan Kehormatan) dan 3 orang saksi (dalam perhitungan suara Ketua Umum).

Pemilihan Umum AKPI 2022

Hasil perhitungan suara berakhir dengan terpilihnya Imran Nating, S.H., M.H. sebagai Ketua Umum dengan perolehan suara terbanyak yaitu 347 suara dan diikuti dengan Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H. dengan perolehan 268 suara, Yudhi Wibhisana dengan perolehan 218 suara, serta suara tidak sah sejumlah satu suara.

Sementara itu Tonggo Parulian Silalahi, S.H., STP., M.H. mendapat perolehan suara terbanyak dalam pemilihan Dewan Kehormatan dan akan menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan bersama dengan 8 Dewan Kehormatan terpilih lainnya (Dedy Kurniadi, S.H., M.H.; Rulianto, S.H.; Andri Krisna Hidayat, S.H., M.Kn.; Astro Pangihutan Girsang, S.H., M.H.; Mappajanji Ridwan Saleh, S.H., M.Kn.; Daniel Alfredo, S.H., M.H.; Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H.; serta R. Bobby Wijanarko, S.E., S.H., M.Hum.)

“Kita telah membuktikan kepada organisasi dan profesional lainnya, bahwa beginilah organisasi profesional berdemokrasi. Kita akan bersama-sama me-running organisasi ini, silakan awasi, pantau, koreksi, dan kritik kami jika kami keliru dalam menjalankan roda organisasi. Kami akan bekerja untuk AKPI, seperti Bang Jimmy bilang, “AKPI Melayani,” Kang Yudhi bilang, “AKPI Milik Semua”. Insya Allah dengan profesional, dengan modernitas, kita akan mewujudkan itu semua untuk AKPI. Mari kita tatap ke depan bahwa AKPI harus tetap jaya dan AKPI milik semua. Mohon bimbingannya,” ujar Imran Nating dalam pidato pertamanya sebagai Ketua Umum AKPI Periode 2022-2025.

Wawancara Imran Nating-Nien Rafles dengan tim Media Justitia (Senin, 22/07/22)

Imran Nating didampingi oleh Sekretaris Jenderal AKPI 2022-2025 Nien Rafles Siregar dalam wawancaranya bersama tim Media Justitia, berharap AKPI akan semakin profesional, seluruh anggotanya semakin profesional, tunduk dan patuh dalam menjalankan aturan, bertanggungjawab, dan juga berintegritas. 

“Karenanya kami mohon support dari seluruh anggota akpi untuk mendukung perwujudan cita-cita ini. Terima kasih atas supportnya, kami akan membalas semua support itu dengan kerja baik untuk melayani teman-teman AKPI,” imbuhnya.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...