Halal Bi Halal AKPI, Ajang Silaturahmi Usai Terhalang Pandemi

28 May 2022 | 19
Foto: Kegiatan Halal bi Halal AKPI (Media Justitia)

MediaJustitia.com: Masih dalam suasana hangat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) mengadakan Halal Bihalal pada Jumat (27/05) dengan mengusung tema “Semangat Idul Fitri dalam Membangun Kebersamaan” di Le Meridien Hotel Resto La Brasserie, Jakarta Pusat.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan Surat Ali-Imran Ayat 103 oleh Ustadz Ahmad Mathuri beserta saritilawah oleh Aprilia Dwi Paramitha, S.H.

“Dapat kita pahami bersama bahwa ayat yang dibawakan tadi mengamanahkan kepada kita untuk berpegang teguh kepada tali Allah, untuk bersatu, bersama dan tidak saling bermusuhan,” jelas Ahmad Ali Fahmi, S.H., M.H. selaku Ketua Panitia dalam sambutannya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal AKPI, Dedy Kurniadi, S.H., M.H. menyampaikan latar belakang dibalik pemilihan tema kebersamaan tersebut, 

“Sedikit cerita dibalik kegiatan keagaamaan AKPI, seperti kegiatan Ramadhan dan halal bihalal ini misalnya. Saat rapat sengaja tidak saya usulkan untuk diadakan, ternyata secara spontan diusulkan oleh Ketua Umum. Sama halnya juga dengan perayaan Natal yang hampir berganti nama menjadi Syukur Tahun Baru, saya sampaikan bahwa rekan-rekan nasrani tidak akan merasa ada kegiatan keagamaan semisalkan nama kegiatannya seperti itu, ” ujar Dedy.

Lebih lanjut Dedy juga mengingatkan bahwa kegiatan halal bi halal merupakan tradisi yang hanya ada di Indonesia dan berharap anggota AKPI akan memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi. 

Sebagai pelengkap acara halal bi halal, AKPI menghadirkan Ustadz Habib Husein Jafar Alhadar, S.Fil.I., M.Ag. untuk memberikan tausyiah terkait tema yang diangkat. Setelahnya hadirin dipersilakan untuk menyantap hidangan makan malam dan ramah tamah sembari diiringi musik gambus oleh Algas.

Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H. (Ketua Umum) menyampaikan rasa bangganya atas tema halal bi halal tahun ini. 

“Bicara kebersamaan, berarti bicara kesehatian. Tahun ini AKPI berusia 22 tahun, tentu bukan perjalanan yang singkat dan tidak mungkin juga AKPI bisa berdiri seperti ini apabila bukan karena kesederhanaan dan kebersamaan,” pungkas Jimmy. 

Jimmy berharap, melalui kegiatan halal bi halal, anggota AKPI dapat menjaga kebersamaan dan keserasiannya sebagai satu wadah yang menjaga marwahnya, terlebih setelah terhalang Pandemi COVID-19. 

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...