11 October 2021

Pembukaan Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan 28 Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI)

Pemukulan Gong sebagai Pembukaan Pendidikan AKPI

MediaJustitia.com: Senin (11/10), Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan ke-28 oleh Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) telah resmi dibuka. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta yang dibagi atas 2 wilayah pelatihan, yakni 100 peserta di Jakarta dan 50 peserta di Surabaya. Pembukaan Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan 28 yang dilaksanakan di Bidakara Hotel Jakarta ini turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM), Bapak Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LL.M.

Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LL.M., mengatakan bahwa sejak Agustus 2020 hingga Juli 2021, terdapat 1.122 Permohonan PKPU, dan angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga akhir tahun. Sehubungan dengan hal tersebut, hal ini menunjukan bahwa kebutuhan akan lahirnya Kurator yang kredibel dan profesional sangat dibutuhkan. Cahyo juga berharap agar kegiatan Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan ke-28 oleh AKPI ini, dapat berlangsung dengan baik sehingga melahirkan kurator yang berkualitas, mengingat kegiatan ini merupakan Kerjasama AKPI dan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Foto Bersama Peserta dan Panitia Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan 28

Kegiatan yang akan diselenggarakan selama dua minggu ini, tak lepas dari komando Januardo P. Sihombing S.H., M.H., M.A., BKP., selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. “AKPI terus berkomitmen untuk menjadi mitra yang bersinergi dengan KEMENKUMHAM. Ini adalah tahun kedua AKPI menyelenggarakan Pendidikan Kurator di tengah himpitan pandemi covid-19, kami yakin dan sangat optimis bahwa kegiatan yang diselenggarakan secara tatap muka dengan pelaksanaan Protokol Kesehatan yang sangat ketat ini akan berlangsung baik, hingga akhir”, ucapnya dalam sambutan.

Sejalan dengan hal tersebut, Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H., selaku Ketua Umum juga turut mengapresiasi kinerja seluruh panitia yang tergabung dalam pelaksanaan Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan ke-28 ini, ia menyampaikan bahwa antusiasme para calon peserta sangat luar biasa, yang dibuktikan dengan terpenuhinya seluruh kuota pendaftaran yang tersedia dalam kurun waktu 2 menit. “Hal ini merupakan sesuatu yang perlu kita apresiasi, bahwa nyatanya antusiasme para peserta sangat luar biasa. Sebagai Ketua Umum, dalam pelaksanaan kegiatan ini, saya bertanggung jawab untuk menjalankan amanat yang luar biasa yang diberikan oleh Dirjen AHU, yang perlu di implementasikan dengan menunjukan kualitas yang baik. Sehingga hal ini mendasari kami untuk melaksanakan Pendidikan secara tatap muka. Sehingga dianggap sangat sulit untuk menjaga kualitas tersebut apabila kegiatan dilaksanakan secara daring.”

“Saya memastikan, kurikulum yang ada dalam kegiatan Pendidikan Kurator dan Pengurus yang diselenggarakan oleh AKPI setiap tahunnya terus berganti dan menyesuaikan dengan regulasi serta keilmuan yang terbaru. Hal ini perlu kami garisbawahi, bahwa kami tidak main-main dalam melahirkan Kurator-Kurator yang ada di Indonesia”, ujar Dr. Ricardo Simanjuntak, S.H., LL.M., MCIArb., ANZIIF, CIP., selaku Ketua Dewan Sertifikasi AKPI.

Kegiatan Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan ke-28 ini akan diselenggarakan sejak 11 Oktober 2021 sampai dengan 23 Oktober 2021. Nantinya seluruh peserta akan juga mengikuti Uji Sertifikasi sebagai penentu kelulusan sebagai Kurator dan Pengurus.

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

bannrev

#TanyaMedjus

Please enter your name.
Please enter a message.