30 May 2022

Pendidikan Kurator dan Pengurus AKPI Angkatan ke-29 : Tradisi dan Ujung Tombak yang Harus Dipertahankan

foto : Pembukaan Pendidikan AKPI Angkatan ke-29 di Hotel Bidakara, Jakarta (Media Justitia)

MediaJustitia.com: Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan ke-29 oleh Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) telah resmi dibuka pada hari Senin, 30 Mei 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta yang terbagi atas 2 wilayah pelatihan, yakni 100 peserta di Jakarta dan 50 peserta di Surabaya.

Terlaksananya kegiatan Pendidikan AKPI tidak terlepas dari komitmen Januardo Sihombing, S.H., M.H., M.A, selaku Ketua Pelaksana.

“Ada dua kata atau dua hal yang kita kedepankan dalam pendidikan ini, yakni kualitas dan karakter. Keduanya muncul dari tradisi turun-temurun sehingga membentuk suatu tatanan yang kemudian berlangsung lama. Untuk itu kami berharap para peserta akan terus membangun kebersamaan dalam semangat tradisi tersebut,” ujarnya.

Dalam kegiatan pendidikan ini, AKPI bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Selaku ketua umum, Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H. mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Kemenkumham kepada AKPI dan menyatakan siap untuk bermitra serta bersinergi dengan Kemenhumkam.

Hal serupa juga dinyatakan oleh Santun Maspari Siregar, S.H., M.H. (Direktur Perdata, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI) yang mewakili kehadiran Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham,

“AKPI secara profesional telah membangun hubungan kerja dengan Kemenkumham, termasuk dalam pembahasan substansi terkait revisi Undang-Undang Kepailitan. Dari segi impelementasi, profesi ini (kurator dan pengurus) sangat berpengaruh dan harus menjawab perkembangan hukum di masyarakat. Kami berharap, AKPI dapat mempersiapkan kader-kadernya menjadi kurator dan pengurus yang profesional dan berintegritas,” pesan Santun dalam wawancara yang dilakukan dengan tim Media Justitia di Hotel Bidakara pada Senin (30/05).

Tidak hanya memberikan sambutan dan pesan-pesan, Santun juga mewakili Dirjen AHU dalam membuka kegiatan Pendidikan AKPI secara simbolis melalui pemukulan gong yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh para peserta.

Pembukaan Kegiatan Pendidikan Secara Simbolis oleh Santun Maspari Siregar, S.H., M.H. (Direktur Perdata, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI)

Ketua Dewan Penasehat (Jamaslin James Purba, S.H., M.H.) dan Ketua Dewan Sertifikasi (Dr. Ricardo Simanjuntak, S.H., LL.M., MCIArb) juga turut memberikan sambutan dalam pembukaan Pendidikan tersebut.

Keduanya menyampaikan tingkat kesulitan materi yang akan diterima oleh para peserta dan bagaimana kesulitan tersebut bermuara pada belum pernah adanya peserta pendidikan kurator dan pengurus yang lulus 100% dalam satu angkatan. 

“Rekan-rekan hanya dapat lulus apabila mencapai syarat nilai minimum 6. Kami akan menjaga moral kami untuk tidak memberikan treatment khusus kepada siapa pun. Untuk itu muncul pepatah di kalangan anggota AKPI, yakni lebih baik hampir tidak lulus daripada hampir lulus,” imbuh Ricardo.

Ketua Umum AKPI turut menegaskan kedewasaan dan kematangan dalam penyelenggaraan pendidikan yang sudah berlanjung lama,

“AKPI tahun ini akan berusia 22 tahun. Sebagai panitia yang saat ini diamanatkan, tentu harus menjaga kemandirian dan kematangan tersebut. Selama ini kegiatan pendidikan sudah berjalan dengan sangat baik, kami hanya perlu mengevaluasi dan menambahkan  hal-hal bagus yang dapat meningkatkan kualitas dari pendidikan itu sendiri,” pungkas Jimmy.

Jimmy juga yakin, implementasi dari Pendidikan Kurator ke-29 akan menjadi salah satu ujung tombak sepak terjang AKPI dalam melahirkan Kurator dan Pengurus di Indonesia.

“Terlihat dari lulusan atau kurator dan pengurus yang lahir dari pendidikan ini, ya. Rekan-rekan bisa langsung menangani kepercayaan yang diberikan kepada mereka. Hal tersebut tentu menunjukkan bahwa apa yang rekan-rekan tuai selama kegiatan pendidikan bisa bermanfaat, diterima dan diimplementasikan di lapangan,” imbuhnya.

Peserta Kegiatan Pendidikan AKPI ke-29 di Jakarta

Kegiatan Pendidikan Kurator dan Pengurus Angkatan ke-29 (Jakarta) akan diselenggarakan pada 30 Mei – 11 Juni 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta. Nantinya, seluruh peserta akan mengikuti uji sertifikasi sebagai penentu kelulusan sebagai Kurator dan Pengurus.

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

bannrev

#TanyaMedjus

Please enter your name.
Please enter a message.