Tak Gentar, Mahfud MD Siap Hadapi Gugatan Pemilik MNC Group!

6 November 2022 | 93
Foto: Dok. Humas Polhukam

MediaJustitia.com: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD siap menghadapi gugatan yang akan dilayangkan pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo terhadap dirinya terkait pemadaman siaran televisi (TV) analog.

Mahfud menganggap biasa, ketika seseorang mengajukan gugatan ke pengadilan atas peristiwa tertentu. Menurutnya, setiap orang bisa menuntut siapa pun, termasuk dirinya.

“Ya silakan saja. Itu biasa di koran tiap hari, orang nuntut orang,” kata Mahfud

Oleh karena itu, Mahfud menyatakan, dirinya siap menghadapi Hary Tanoe atau siapa saja yang akan menuntutnya terkait persoalan migrasi televisi.

Di sisi lain, dia mengeklaim bahwa hampir seluruh masyarakat sudah siap bermigrasi ke TV digital. 

“Ini jangan dikatakan, ini tak siap. 98 persen masyarakat sudah siap. Yang tidak siap itu, sudah dibentuk posko-posko, siapa yang belum siap, datang ke posko nanti dibantu, yang 2 persen dari Jabodetabek. Dan 209 kabupaten kota lainnya. Jadi kita sudah siap semua,” imbuhnya

Mahfud menegaskan, ASO (Analog Switch Off) merupakan perintah undang-udang dan telah disiapkan serta dikoordinasikan termasuk dengan semua pemilik televisi.

Payung hukum pelaksanaan ASO termaktub dalam UU Cipta Kerja tahun 2020. Pasal 60A ayat (1) UU Cipta Kerja mengungkapkan “Penyelenggaraan penyiaran dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan teknologi, termasuk migrasi penyiaran dari teknologi analog ke teknologi digital.”

Pasal (2) menyatakan “Migrasi penyiaran televisi terestrial dari teknologi analog ke teknologi digital sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan penghentian siaran analog (analog switch off) diselesaikan paling lambat 2 (dua) tahun sejak mulai berlakunya Undang-Undang ini.

Diketahui ASO merupakan hasil keputusan dunia internasional yang diputuskan oleh ITU (International Telecommunication Union) sejak belasan tahun lalu. Mahfud menuturkan, di Asia, hanya negara Indonesia dan Timor Leste yang belum melakukan ASO.

 

Artikel ini telah terbit sebagian di CNN dan Kompas

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...