Sosok Dharma, Lulus S3 Ilmu Hukum di Usia 28 Tahun

5 July 2023 | 10
Dharma Setiawan Negara lulus S3 Ilmu Hukum Unair di usia 28 tahun.

Dharma Setiawan Negara menjadi wisudawan termuda jenjang S3 Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Unair. Saat ini usianya menginjak 28 tahun. Dia menjadi ahli hukum termuda yang lulus dengan IPK cumlaude 3,80 

Dharma juga menempuh Pendidikan S1 ilmu hukum pada tahun 2013 dan lulus 3,5 tahun pada tahun 2017. Sedangkan S2 ilmu hokum diperolehnya pada tahun 2019.

“Pada tahun 2020, saya melanjutkan pendidikan S3 di program studi S3 Doktor Ilmu Hukum FH Unair dan lulus pada tahun ini, tahun 2023,” kata pria kelahiran 1995 ini, seperti melansir laman Unair, Selasa (4/7/2023).

Kesukaannya pada bidang hukum membuat Dharma memuuskan untuk menjadi hakim. Saat ini, ia pun sedang magang sebagai calon hakim.

“Menurut saya, ilmu hukum adalah ilmu yang menuntut untuk menggunakan logika berpikir khususnya logika hukum dengan tidak melepaskan nilai-nilai moral dan etika,” tutur Dharma.

Dharma menyatakan bahwa ia mendapatkan banyak keuntungan selama berkuliah di FH unair, terutama dalam menjalin relasi yang luas.

“Saya diajar dan dibimbing oleh dosen-dosen dan Guru Besar yang reputasinya dikenal bukan hanya di Indonesia, namun juga terkenal di mancanegara,” ucap Dharma.

“Ilmu serta relasi yang saya dapatkan dari Unair sangat bagus untuk menunjang karier saya sebagai hakim ke depan dan juga menyalurkan ilmu saya baik dalam bentuk penulisan dan sebagai pengajar,” sambungnya.

Dharma merasa sangat terbantu dengan tim promotor yang menguji disertasinya sehingga ia dapat menyelesaikan perkuliahan dengan lancar dan cepat.

Dharma juga membagikan tips dan trik kepada semua mahasiswa, untuk konsisten menempuh Pendidikan hingga S3. Menurutnya, kekhawatiran pasti akan selalu ada, namun sebagai makhluk yang ber-Tuhan kita harus sadar setiap kegiatan, kita selalu dibimbing oleh Tuhan.

Dharma menekankan untuk selalu bijak dalam mengambil keputusan, terutama keputusan yang terkait dengan Pendidikan. Sebab S3 sangat dihargai dalam instansi pemerintahan karena golongan kepangkatannya disetarakan menjadi 3C.

“Pesan saya untuk para mahasiswa yang sedang menjalani S3 yaitu kebijaksanaan kita yang menentukan kita lulus tepat waktu atau tidak. Selain itu, menyamakan pemikiran para ahli hukum terutama tim promotor yang akan menjadi faktor kelulusan kita,” pungkasnya.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...