Anggota Lanal Maumere Diamankan, Terduga Jadi Calo Seleksi Calon Prajurit

31 October 2022 | 50
foto: KOMPAS.com/Serafinus Sandi Hayon Jehadu

MediaJustitia.com: Penyidik TNI Angkatan Laut (AL) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), tengah menyelidiki keterlibatan salah satu oknum anggotanya yang diduga menjadi calo seleksi calon prajurit.

Komandan Lanal (Danlanal) Maumere, Kolonel (P) Ady Dharmawan mengatakan, anggota berinisial NS itu sudah diamankan dan dimintai keterangan.

“Sudah diamankan, akan kita sidik lebih lanjut sampai sejauh mana keterlibatannya,” ujar Ady di Maumere, Minggu (30/10/2022).

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kata Ady, oknum tersebut diketahui pernah melakukan hal serupa saat proses seleksi calon prajurit tahun 2020-2021.

Oleh sebab itu, jika hasil penyelidikan NS terbukti menjadi calo penerimaan prajurit, maka akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Saya tidak main-main. Ancamannya sampai pemecatan,” katanya. Ady menegaskan, selama proses perekrutan calon prajurit mulai awal hingga akhir tidak ada pungutan seperser pun.

“Apabila ada calon prajurit yang dimintakan sejumlah uang oleh oknum-oknum anggota Lanal Maumere, segera lapor ke Mako Lanal Maumere,” tandasnya.

Ia juga berharap, apa yang dilakukan NS hendaknya menjadi pembelajaran bagi semua calon prajurit TNI AL agar tidak tergoda dengan janji kelulusan dengan memberi imbalan atau meminta sejumlah uang.


Artikel ini telah terbit Detik

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...