Dukung Penertiban Plat RF, Komisi III DPR Dukung Kapolri Agar Ada Penindakan Hukum

2 November 2022 | 28
foto: GridOto.com

MediaJustitia.com: Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Demokrat Didik Mukriyanto mendukung rencana Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menertibkan pengguna pelat RF. Didik meminta agar Jenderal Sigit tidak segan menerapkan tindakan hukum terhadap para pihak yang menyalahgunakan pelat khusus tersebut.

“Pemegang STNK dan TNKB khusus dan/atau rahasia tidak kebal hukum, tidak dikecualikan dari sanksi hukum jika melakukan pelanggaran. Untuk itu saya mendukung Kapolri untuk menertibkan setiap pemegang STNK dan TNKB khusus dan/atau rahasia jika melakukan pelanggaran dan tindakan yang tidak baik yang bisa mengganggu para pengguna jalan,” kata Didik saat dihubungi, Senin (31/10/2022).

Didik meminta agar Jenderal Sigit mulai menerapkan tindakan hukum terhadap pihak-pihak yang menyalahgunakan pelat tersebut. Selain itu, dia juga mendorong agar STNK atau TNKB khusus tersebut dicabut jika memang terbukti melanggar atau mengganggu masyarakat.

“Selain penindakan hukum, polri juga bisa mencabut penerbitan STNK dan TNKB khusus dan/atau rahasia tersebut, jika dalam pelaksanaannya ada penyalahgunaan dan pelanggaran,” ucapnya.

Atas dasar itu lah, Didik mendorong agar para pengguna pelat khusus RF bisa bersikap secara baik dan bijak. Dia menegaskan ada tanggungjawab besar di balik penggunaan STNK khusus itu.

“Penerbitan STNK dan TNKB khusus dan/atau rahasia tersebut sifatnya limitatif dan melalui prosesur yang juga tidak mudah. Bagi pemegangnya pun melekat tanggungjawab besar untuk tidak disalahgunakan atau dipindahtangankan kepada orang yang tidak berhak/berwenang,” jelasnya.

“Dalam konteks ini, diharapkan kepada pemegang STNK dan TNKB khusus dan/atau rahasia ini justru harus mampu bertindak sebagai contoh yang baik kepada pengguna jalan, dan bukan sebaliknya melakukan arogansi dan tindakan yang tidak terpuji dan mengganggu para pengguna jalan lainnya,” lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit terus membenahi internal kepolisian buntut kasus-kasus yang membuat citra institusi ini turun drastis. Salah satu hal yang siap diperbaiki Jenderal Sigit ialah masalah pelat RF di jalanan.

Hal ini disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam program Blak-blakan detikcom yang tayang Senin (31/10). Kapolri menyatakan keyakinannya soal lebih banyak anggota yang bisa menorehkan prestasi.

“Saya juga meyakini bahwa anggota semuanya memiliki semangat untuk itu, melakukan prestasi, melakukan yang baik karena ini memang bagian dari pertaruhan, memilih yang mana nih, memilih yang baik atau buruk dengan risiko,” kata Kapolri. Kapolri menjawab soal harapan munculnya polisi-polisi yang berprestasi dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Kapolri menegaskan polisi harus memenuhi harapan masyarakat. Kapolri akan menindaklanjuti hal-hal yang bisa membuat masyarakat kesal, termasuk soal penggunaan pelat RF yang akrab dengan kendaraan bermotor pejabat.

“Saya kira itu yang akan kita lakukan ke depan termasuk persepsi apa yang saat ini diharapkan oleh masyarakat tentang pelayanan Kepolisian itu tentunya yang terus kami perbaiki termasuk juga apa sih yang kira-kira membuat masyarakat kesal dengan hal-hal yang terkait dengan kepolisian tentunya kita perbaiki, ini yang sedang kita dalami,” ujar Kapolri.

“Misalkan ya misalkan pelat RF ini ya,” imbuh Jenderal Sigit.

 

Artikel ini telah terbit di News Detik 

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...