Euforia Kesuksesan: Rektor Universitas Borobudur Apresiasi Akreditasi Unggul Doktor Ilmu Hukum dalam Wisuda Universitas Borobudur 2024

21 April 2024 | 56

Mediajustitia.com: Pada hari Minggu, 21 April 2024, Universitas Borobudur sukses mengadakan upacara wisuda yang meriah dan penuh makna di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 1000 orang. Universitas Borobudur dengan bangga melepas hampir 500 mahasiswa, termasuk mahasiswa Akademi Diploma (D3), Sarjana (S1), dan Pascasarjana (S2 & S3). Wisuda Universitas Borobudur tahun ini juga dihadiri oleh para pejabat tinggi negara yang secara konsisten mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia.

Rektor Universitas Borobudur, Prof. Ir. Bambang Bernantos, M.Sc, menyatakan bahwa pelaksanaan wisuda ini diselenggarakan pada Hari Kartini sebagai penghormatan kepada Ibu RA Kartini yang berjuang untuk kesetaraan gender, terutama dalam bidang pendidikan.

 

Rektor Universitas Borobudur, Prof. Ir. Bambang Bernanthos, Msc

 

Dalam sambutannya, Prof. Ir. Bambang Bernanthos, Msc juga mengucapkan rasa bangga dan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati yang telah berjuang sampai saat ini.

“Sesuai dengan visi Universitas Borobudur untuk menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter kewirausahaan, dan bereputasi global, serta tema wisuda ‘Generasi Unggul, Mandiri, dan Berkarakter untuk Membangun Bangsa Menuju Indonesia Emas’, saya mengajak para wisudawan/wisudawati dengan kecerdasan yang unggul untuk meningkatkan kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan guna mensejahterakan, membangun kejayaan bangsa, dan memajukan Indonesia,” ujar Bapak Rektor.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan sertifikat akreditasi unggul secara resmi dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Prof. Dr. H. Faisal Santiago, Ketua Program Doktor Ilmu Hukum sekaligus Direktur Pascasarjana, atas ketekunan, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan semangat yang sangat tinggi dalam mencapai Prestasi yang Luar Biasa sehingga program tersebut berhasil meraih akreditasi UNGGUL dengan nilai yang tinggi, yaitu 375.

 

Rektor Unbor Menyerahkan Sertifikat akreditasi unggul secara resmi dan sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada Prof.Dr.H. Faisal Santiago

 

“Selamat sekali lagi kepada Prof. Faisal Santiago atas dedikasi dan loyalitasnya kepada Universitas Borobudur sehingga berhasil mencapai akreditasi yang Unggul, dan langkah selanjutnya adalah untuk terakreditasi secara Internasional,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur baru saja meraih Akreditasi “Unggul”. Keputusan ini ditetapkan oleh BAN PT pada tanggal 19 Maret 2024 setelah melalui proses perjuangan sejak pendirian program doktor hukum pada tahun 2010 dan melewati dua kali proses akreditasi dengan hasil “B” dan “Baik Sekali”.

Dalam sesi wawancara bersama Prof. Dr. Faisal Santiago, Ketua Program Doktor Ilmu Hukum sekaligus Direktur Pascasarjana, dengan tim Media Justitia, ia menjelaskan proses yang dilakukan bersama rekan-rekannya untuk memperoleh Akreditasi “Unggul” di Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur.

Wawancara Tim Media Justitia Bersama Prof. Dr. H. Faisal Santiago

 

“Untuk mendapatkan akreditasi unggul, kita harus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya, terutama kualitasnya. Sarana dan prasarana kita siapkan, kualitas dosennya kita siapkan, dan yang terpenting adalah kita memperbaiki sistem pendidikan dengan baik,” katanya.

Prof. Dr. Faisal Santiago juga berharap agar mahasiswa S3 yang telah lulus dalam acara wisuda Universitas Borobudur kali ini dapat mencapai karir yang cemerlang dan dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi bangsa dan negara.

Acara wisuda ini dilaksanakan secara terbuka dengan tema “Generasi Unggul, Mandiri, dan Berkarakter untuk Membangun Bangsa Menuju Indonesia Emas”. Acara ini dihadiri oleh Dr. H. Bambang Soesatyo, Ketua MPR Republik Indonesia dan Dosen tetap Univ. Borobudur, Ibu Widiyastuti, Asisten Kesejahteraan Rakyat (KESRA) DKI Jakarta yang mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc, Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, dan Prof. Ir. Bambang Bernanthos, M.Sc, Rektor Universitas Borobudur.

Ketua MPR-RI, Bapak Bambang Soesatyo, yang juga merupakan dosen tetap program Doktor Hukum Universitas Borobudur, memberikan orasi inspiratif dalam acara ini.

“Membangun generasi unggul, mandiri, dan berkarakter dalam kerangka mewujudkan visi Indonesia Emas bukanlah pekerjaan instan, serta merta, atau sebuah kebetulan, tetapi memerlukan proses dan perjuangan. Generasi unggul, mandiri, dan berkarakter harus diciptakan, dan salah satu caranya adalah melalui pendidikan yang dibina sejak dini. Sistem pendidikan harus dibangun dengan memperhatikan tiga pilar utama, yaitu keinginan, pengetahuan, dan pengaplikasian,” ucapnya.

Selanjutnya, Ibu Widiyastuti, Asisten Kesejahteraan Rakyat (KESRA) DKI Jakarta yang mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta, memberikan sambutan dan mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati. Beliau menegaskan bahwa para lulusan Universitas Borobudur juga memiliki peran penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Kepala LLDIKTIK Wilayah III, Bapak Toni Toharudin, juga hadir dan menyampaikan rasa syukur serta memberikan semangat kepada para wisudawan dan wisudawati untuk terus berkarya dalam membangun Indonesia.

Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan mahasiswa/mahasiswi Universitas Borobudur, termasuk paduan suara dan klub tari UNBOR yang berhasil membangkitkan semangat para hadirin dan mendapat apresiasi yang sangat baik atas pertunjukan yang memukau. Tim Paskibra Universitas Borbudur juga berhasil melengkapi prosesi pelepasan para wisudawan/wisudawati tahun ini. Antusiasme, kebahagiaan, dan kebanggaan turut mengiringi semua orang yang hadir dalam acara Wisuda Universitas Borobudur 2024.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...