Gandeng BPHN, Justitia Training Center bersama PAPHI Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum Pertama di Indonesia

17 April 2024 | 14

Mediajustitia.com: Justitia Training Center bersama Perkumpulan Ahli Profesional Hukum Indonesia (PAPHI) menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum Angkatan II. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 17-21 April 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Jumlah peserta Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum Angkatan II sebanyak 17 orang, yang berasal dari berbagai instansi maupun individu.

Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med. (Presiden Direktur Justitia Training Center) dalam pembukaannya menyampaikan pentingnya peran Analis Hukum di tengah pesatnya perubahan sosial ekonomi dan politik.

“Pesatnya perubahan dalam keadaan sosial, ekonomi, dan politik menuntut kita untuk terus memperbaharui dan memperdalam pengetahuan kita terutama di bidang hukum dan juga Analis Hukum memiliki peran sebagai ujung tombak dalam menganalisis informasi, menyusun argumen yang solid, dan memberikan kontribusi berharga bagi pengambilan keputusan hukum,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut mengundang Kepala Pusat Analisis dan Evaluasi Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Nur Ichwan, S.H., M.H. sebagai Keynote Speaker. Yang dalam kegiatan pelatihan ini menyampaikan harapannya agar Analis Hukum kedepannya semakin berkualitas mulai dari kompetensi, integritas dan profesionalisme.

“Keberadaan Analis Hukum ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas analis dan evaluasi hukum di Indonesia secara signifikan, tidak hanya dari segi kompetensi namun juga dari integritas dan profesionalisme. Analis Hukum yang semakin terjaga kemampuannya diharapkan mampu menyelesaikan segala permasalahan hukum yang terjadi,” ujar Nur Ichwan.

Diketahui, Justitia Training Center telah mendapat dukungan dari BPHN dalam menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum ini. Pasalnya, Justitia Training Center masih menjadi satu-satunya lembaga yang menghadirkan sertifikasi ini, yang mana setelah dinyatakan kompeten, para peserta akan meraih identitas sertifikasi “Certified Legal Analyst”.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah orang-orang yang ahli dibidangnya, diantaranya Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.; Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H.; Prof. Dr. Wicipto Setiadi, S.H., M.H.; Dr. Afdhal Mahatta, S.H., M.H.; Dr. Hendra Kurnia Putra, S.H., M.H.; Tongam Renikson Silaban, S.H., M.H.; Reza Fikri Febriansyah, S.H., M.H.; Erna Priliasari, S.H., M.H.; Lewinda Oletta, S.H.

Adapun materi yang akan disampaikan oleh narasumber selama pelatihan adalah sebagai berikut:

  1. Pengantar, Peran, Tugas, dan Fungsi Analis Hukum
  2. Teknik Melakukan Inventarisasi dan Penelusuran Dokumen Hukum
  3. Teknik Analisis dan Evaluasi Kebutuhan Peraturan Perundang-Undangan
  4. Teknik Analisis dan Evaluasi Pembentukan Naskah Akademik, Penjelasan, dan Keterangan Untuk Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan
  5. Teknik Analisis dan Evaluasi Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan
  6. Analisis Kebutuhan Hukum untuk Pembangunan Hukum Nasional
  7. Teknik Analisis dan Evaluasi Dokumen Hukum Tidak Tertulis, Pelayanan Hukum dan Perjanjian
  8. Analisis Terhadap Pengawasan Perundang-Undangan yang Terkait dengan Tugas dan Fungsi Instansi Pemerintah
  9. Strategi Advokasi Hukum
  10. Teknik dan Strategi Penyusunan Argumentasi Hukum (Legal Reasoning)
  11. Teknik dan Strategi Penyusunan Laporan Hasil Analisis Hukum
  12. Simulasi Penyusunan Analisis Hukum
  13. Presentasi Hasil Simulasi Penyusunan Analisis Hukum

Para peserta akan dibekali pelatihan dari narasumber selama empat hari, dan di hari terakhir para peserta akan mengikuti uji sertifikasi bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Hukum Indonesia (LSP HI) yang telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Informasi mengenai pendaftaran Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum angkatan selanjutnya dapat menghubungi 0811 9951 492 (Nita) atau 0811 1351 492 (Ikbal). 

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...