Heboh Pemasangan Stiker APK di angkot, KPU: tidak ada larangan pemasangan stikert APK di Angkot

7 December 2023 | 30
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari (foto: detik.com)

Mediajustitia.com: Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan taka da larangan pemasangan alat peraga kampanye (APK) seperti stiker di angkot. Hal tersebut mengacu pada Peraturan KPU (PKPU).

“Kalau yang stiker besar di angkot ya, sepanjang yang saya ketahui ya, sepanjang yang saya ketahui di Peraturan KPU, tidak ada larangan itu,” kata Hasyim kepada wartawan usai rapat bareng timses ketiga paslon capres-cawapres di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023).

Hasyim menjelaskan tujuan pemasangan APK di angkot ialah agar dilihat masyarakat secara luas. Disamping itu Hasyim berharap stiker tersebut jangan sampai mengganggu keselamatan dalam berkendara.

“Cuma kita pernah menegaskan dari pemilu ke pemilu karena tujuannya kan orang supaya membaca itu kan, nah ini kan juga bisa mengganggu dan juga apa keselamatan dalam berkendara,” ujarnya.

Dia menyebut masyarakat harus fokus ke jalan saat berkendara. Dia mengatakan keselamatan saat berkendara mungkin menjadi pertimbangan pihak otoritas terkait pelarangan APK di angkot.

“Orang yang namanya berkendara itu mestinya fokus nyupir dan fokus mengendarai kendaraan. Kalau kemudian melirik atau kemudian fokus baca, nggak melihat kanan-kiri, depan itu kan juga repot,” ujarnya.

“Saya kira ketika ada pertimbangan-pertimbangan seperti dari pihak-pihak yang punya otoritas kan tujuannya sama sebetulnya, menjamin atau menjaga keselamatan warga kita yang berkendara,” imbuh dia.

Artikel ini telah terbit di detik.com

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...