Jaksa Agung lakukan Sidak Jelang Pesta Demokrasi, Burhanuddin: Kita Bukan Alat Politik!

18 September 2023 | 8
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin (Foto: detik.com)

MediaJustitia.com: Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) ke para jajarannya. Sidak dilakukan untuk menyambut pesta demokrasi 2024, dia menegaskan Jaksa bukanlah Alat Politik.

Melansir dari detik.com, melalui siaran pers sidak dilakukan Jaksa Agung Burhanuddin ke Bidang Tindak Pidana Umum, Bidang Perdata dan Tata usaha Negara, serta Bidang Tindak Pidana Khusus pada Rabu (13/9) dan Kamis (14/9).

Menjelang pemilu pada tahun 2024, Burhanuddin menjelaskan para penegak hukum termasuk kejaksaan harus tetap bekerja dengan fokus sesuai dengan kewenangan yang diberikan.

“Sebab, kita bukan alat politik, tetapi kita adalah penegak hukum, yang tujuannya menuntaskan segala persoalan hukum di negeri ini,” kata Burhanuddin.

Sidak kali ini bertujuan memastikan sarana dan prasarana peralatan di Kejagung. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadli Zumhana menerima sidak ini. Dia berpesan ke Jampdium agar proses penegakan hukum berjalan tetap humanis sesuai jalur.

Sidak berlanjut ke Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dan diterima Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Feri Wibisono. Bidang ini disebutnya akan menjadi primadona penegakan hukum, karena tidak semua harus berujung ke pengadilan. Ke depan, tren proses hukum akan mengarah ke nonlitigasi.

Sidak juga mengarah ke Bidang Tindak Pidana Khusus, diterima oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah. Jaksa Agung Burhanuddin menegaskan agar jangan ada campur tangan politik dalam penegakan hukum.

“Asalkan kita tegas, profesional, dan independen dalam penegakan hukum, maka masyarakat akan menilai kinerja kita. Tetap fokus dengan upaya-upaya pengembalian keuangan negara. Penegakan hukum jangan sampai kendor, dan teruslah berkarya untuk Indonesia terbebas dari korupsi,” ujar Jaksa Agung.

Artikel ini telah terbit di detik.com

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...