Jokowi Buka KTT ke-42 ASEAN dan Pimpin Seluruh Pertemuan Hari Ini!

10 May 2023 | 10
Pembukaan KTT ASEAN ke-42 (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.l)

MediaJustitia.com: Presiden Joko Widodo resmi membuka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/5/2023).

Pertemuan tersebut terdiri dari pleno dan pertemuan secara interface.

Saat membuka agenda tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menko Polhukam Mahfud MD dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Mari kita berkerja keras menjadikan ASEAN matters, epicentrum of growth. Dengan ini saya nyatakan KTT ke-42 ASEAN dibuka,” ujar Jokowi dipantau dari siaran langsung YouTube KompasTV, Rabu pagi.

Jokowi menjelaskan, saat ini kondisi perekonomian global belum sepenuhnya pulih. Di samping itu, rivalitas di dunia semakin tajam seiring dengan dinamika kondisi dunia yang semakin tidak terprediksi. Jokowi kemudian menyinggung soal peran ASEAN dalam situasi saat ini.

“Yang menjadi pertanyaan, apakah ASEAN hanya akan jadi penonton? Hanya akan diam? Serta apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan? Saya yakin, kita semua percaya bahwa ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya, persatuan,” ujar Jokowi.

Menlu Retno, menuturkan bahwa Presiden Jokowi akan memimpin lima pertemuan, yaitu pertemuan KTT dalam format pleno dan kemudian ada empat pertemuan interface.

“Masing-masing dengan parlemen, dengan youth, dengan ABAC (ASEAN Business Advisory Council) yaitu dengan bisnis, juga dengan high level task force,” lanjutnya.

Adapun sebelum KTT resmi dibuka, para kepala negara anggota ASEAN terlebih dulu tiba di Hotel Meruorah pada Rabu pagi. Mereka adalah Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Timor Leste Taur Matan Ruak PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM Thailand Don Pramudwinai dan PM Vietnam Pham Minh Chinh.

Semua kepala negara dan perwakilan kepala negara tersebut disambut langsung oleh Presiden Jokowi.

Sementara pada Kamis (11/5/2023) akan ada tiga pertemuan dalam bentuk retreat dan pertemuan sub regional.

Menurut Retno, dua dari tiga pertemuan tersebut akan dipimpin oleh Presiden Jokowi, yakni Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

Lebih lanjut, Retno menjelaskan bahwa para Menlu negara ASEAN telah melakukan pertemuan untuk merampungkan sejumlah dokumen yang akan dibahas pada Rabu. Selain itu, sejumlah isu yang sedang terjadi di kawasan ASEAN turut menjadi pembahasan para Menlu.

Artikel ini telah terbit sebagian di Kompas 

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...