Justitia Training Center dan ALC FH UNAIR Kupas Aspek Hukum Perusahaan dan Hubungan Industrial Melalui Pelatihan dan Sertifikasi

26 August 2023 | 16
Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Praktisi Hukum perusahaan dan Hubungan Industrial Justitia Training Center Bekerja Sama dengan ALC FH UNAIR

MediaJustitia.com: Setelah sebelumnya menandatangani MoU, Justitia Training Center bekerja sama dengan Airlangga Center Fakultas Hukum Universitas Airlangga (ALC FH UNAIR) menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Praktisi Hukum Perusahaan dan Hubungan Industrial.

Kegiatan terselenggara secara daring melalui Zoom Meeting pada 23-26 Agustus 2023 dengan diikuti oleh 26 peserta dari berbagai kalangan.

Sebagaimana diketahui bersama, pokok-pokok hukum perusahaan dan hubungan industrial sangat perlu untuk diperhatikan, mengingat banyaknya permasalahan yang timbul akibat minimnya pemahaman aspek regulasi oleh pelaku usaha maupun pekerja.

“Pelatihan ini akan mengupas aspek-aspek hukum perusahaan dan hubungan industrial, juga membekali Bapak/Ibu dengan pengetahuan praktis terkait peraturan perundang-undangan yang berlaku serta korelasinya dengan hubungan di perusahaan dan juga permasalahan yang timbul, sehingga apabila Bapak/Ibu menemui permasalahan, Bapak/Ibu sudah memahami bagaimana cara menyelesaikannya dengan tepat,” jelas Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med. (Presiden Direktur Justitia Training Center).

Hal serupa disampaikan oleh Dekan FH UNAIR, Iman Prihandono, S.H., M.H., LL.M., Ph.D. Menurutnya, aspek-aspek hukum perusahaan sangat luas dan menyangkut banyak hal.

“Memang tidak mudah, karena aspeknya bukan hanya permodalan, saham, ataupun MnA, tapi juga menyangkut banyak hal, seperti pekerja dan pelaku usaha, pemerintah, masyarakat sekitar, investor (perbankan), dispute, dsb,” lanjut Iman.

Lebih lanjut Iman menyatakan pentingnya sertifikasi sebagai penetapan standar tolak ukur sejauh mana keterampilan atau skills yang dibutuhkan seseorang untuk dapat dikatakan memiliki keahlian di bidang hukum perusahaan dan hubungan industrial.

Para peserta terlebih dahulu akan mendapat pemahaman materi oleh narasumber yang ahli di bidangnya, baik praktisi maupun akademisi, antara lain:

  • Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D (Pembina Justitia Training Center, Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani, Ketua Umum PAHKI)
  • Dr. M. Hadi Shubhan, S.H., M.H., C.N. (Dosen Hukum Universitas Airlangga, Penulis text book Hukum Kepailitan, Jurnal Nasional & Internasional, Saksi Ahli Kepailitan/PKPU)
  • Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. (Pimpinan Yayasan Tarumanagara & Grup Korporasi RS Royal Taruma, Profesor & Dosen tetap di UNTAR, Promotor, Ko Promotor & Pembimbing Disertasi)
  • Prof. Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., M.S. (Ahli Hukum Kontrak, Praktisi Hukum dan Dosen Universitas Yarsi)
  • Jack Alenzo, M.M., M.H. (Konsultan dan trainer pengembangan SDM, pendidikan di bidang manajemen dan hukum bisnis, memperoleh sertifikasi Six Sigma, Professional Coach ASCTH ICF)
  • Agus Widyantoro, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga)
Peserta Pelatihan dan Sertifikasi Praktisi Hukum perusahaan dan Hubungan Industrial Justitia Training Center Bekerja Sama dengan ALC FH UNAIR

Pada penghujung kegiatan, para peserta diuji kompetensinya melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia yang telah memperoleh lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebelum dinyatakan kompeten.

Uji sertifikasi tersebut juga diselenggarakan secara daring, mengingat LSP Justitia merupakan salah satu dari segelintir LSP di Indonesia yang telah menerima lisensi untuk melaksanakan asesmen (uji sertifikasi) jarak jauh.

Salah seorang peserta, Ahmad Fauzi, A.Md. (Manager PT Alpha Central Consultant) menuturkan alasannya mengikuti kegiatan adalah untuk menambah wawasan khususnya terkait hak dan kewajiban serta penyelesaian permasalahan di bidang terkait.

“Alhamdulillah jadi banyak pengetahuan tentang hal yang belum saya ketahui, jadi menambah teman dan jejaring juga. Narasumber yang dihadirkan keren dan kompeten semua, para profesor-profesor yang luar biasa tetapi tetap friendly terhadap para peserta,” jelasnya ketika ditanya kesan pelaksanaan kegiatan dalam wawancara bersama tim Media Justitia.

Ahmad Fauzi juga mengucapkan terima kasih kepada Justitia dan ALC atas ilmu yang diberikan. Ia berharap, Justitia dan ALC akan terus semangat dalam mengedukasi dan memberikan pendidikan ke seluruh elemen masyarakat agar mengerti dan sadar hukum untuk Indonesia yang lebih baik dan maju.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...