Justitia Training Center dan PAHKI Cetak Perancang Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Terlisensi BNSP

7 February 2024 | 15
Sesi foto bersama kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan XVII

Mediajustitia.com: Justitia Training Center dan Perkumpulan Perancang dan Ahli Hukum Kontrak Indonesia (PAHKI) telah menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan XVII pada 31 Januari – 4 Februari 2024.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 11 peserta yang berasal dari berbagai kalangan baik pegawai negeri maupun pegawai swasta, dan dilakukan secara daring selama lima hari.

 

Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med. selaku Presiden Direktur Justitia Training Center membuka dengan menyampaikan bahwa pelatihan ini diisi dengan para narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya.

 

“Dalam pelatihan ini Bapak/Ibu akan dibina dan dilatih oleh para narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya, baik akademisi dan praktisi tentang perencanaan kontrak barang dan jasa,” jelasnya.

 

Adriansyah juga menambahkan bahwa sebagai Perancang Kontrak harus teliti melihat sebuah kontrak

 

“Sebagai perancang kontrak barang dan jasa perlu memperhatikan bagaimana mekanismenya, dan bagaimana  tata cara pembayarannya, walaupun sudah ada template nya namun kita harus teliti dalam membaca sebuah kontrak, terkadang masih ada miss karena ada yang masih menggunakan kontrak yang sudah lama,” tambahnya.

 

Adapun narasumber yang dihadirkan pada pelatihan ini antara lain, Assoc. Prof. Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., M.Mgt.; Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LLM., Ph.D.; Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.M.; Edi Usman, S.T., M.T., AU(MP&TBG)., CCMS.

 

Pada penghujung kegiatan, para peserta akan diuji kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia. Kemudian peserta yang dinyatakan kompeten akan memperoleh sertifikat kompetensi yang telah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi (BNSP)

 

Salah satu peserta pelatihan, Indry Yustisi, S.S.,M.Hum dari PT. Hutama Karya saat diwawancarai oleh tim Media Justitia mengatakan bahwa dengan mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk menerapkan prosedur dalam permasalahan yang timbul.

 

“Dengan mengikuti kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa ini menimbulkan keyakinan dan meningkatkan kepercayaan diri untuk menerapkan prosedur dan mendapatkan insight terkait penyelesaian permasalahan-permasalahan yang timbul dalam proses pengadaan barang dan jasa baik dari sisi pemerintah maupun swasta,” katanya.

 

Indry menambahkan bahwa pelatihan secara online sangat membantu karena tanpa harus meninggalkan lokasi pekerjaan yang berada di luar kota.

 

“Selain itu, tata cara pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi yang dilakukan secara online, memungkinkan saya melaksanakan training dan sertifikasi ini tanpa meninggalkan lokasi pekerjaan yang berada di luar kota saat ini. Meskipun dilakukan secara online, namun peserta training diberi ruang yang luas untuk melakukan eksplorasi atas permasalahan yang disajikan oleh trainer sehingga proses training tidak berjalan membosankan,” jelasnya. 

 

“Selanjutnya, yang cukup menjadi pertimbangan adalah bahwa program pelatihan yang dilengkapi dengan uji sertifikasi ini dilaksanakan secara resmi oleh lembaga sertifikasi profesi yang telah berlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” tambahnya.

Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Angkatan selanjutnya akan dilaksanakan kembali tanggal 5 s.d 8 Juni 2024. Informasi mengenai pendaftaran pelatihan dan sertifikasi dapat menghubungi +62 811-1021-126 (Syifa) atau +62 811-1811-492 (Ghifari).

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...