KAHGAMA Apresiasi Kereta Cepat Jakarta Bandung dalam Uji Coba Bersama Menhub

19 September 2023 | 18

MediaJustitia.com: Keluarga Besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (KAHGAMA), berkesempatan untuk mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada Selasa, 19 September 2023.

Diketahui, KCJB memiliki trase sepanjang 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki empat stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar Selain itu, KCJB merupakan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara.

Para anggota KAHGAMA beserta penumpang lainnya berkumpul di Stasiun Halim untuk kemudian menaiki KCJB menuju Stasiun Padalarang dan menyambung dengan kereta lainnya menuju Stasiun Bandung.

Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia sekaligus Wakil Ketua I KAGAMA, turut membersamai kegiatan tersebut.

Dalam wawancara bersama tim Media Justitia, Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa telah dilakukan evaluasi keamanan terhadap KCJP sebelum diresmikan pada 1 Oktober mendatang.

“Ada pros dan cons (di masyarakat), tapi kalau berbicara mengenai safety, saya sudah melakukan evaluasi dan safety itu sendiri sangat dijaga,” ujarnya. 

Sebagaimana KCJB merupakan proyek kerja sama antara Indonesia dan China, Menhub Budi Karya Sumadi mengambil contoh China telah membangun kereta cepat berjarak 40.000 km dengan baik, sehingga keamanan KCJB terjamin diperhatikan

“Pengalaman saya, masyarakat yang sebelumnya kontra setelah naik (KCJB) langsung “wow”,” lanjut Menhub BKS. 

Wawancara bersama tim Media Justitia

Para anggota KAHGAMA menuturkan rasa kagum, apresiasi, dan terima kasih dengan keberadaan KCJB yang sangat memangkas waktu perjalanan tanpa harus bermacet-macetan. 

Hal serupa disampaikan oleh Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M. (Ketua Umum KAHGAMA) yang merasa bahwa program KCJB merupakan program pembuktian yang baik bagi bangsa Indonesia.

“Terasa tak nyata ini terjadi di Jakarta dan Bandung. Hal ini menunjukkan rasa confidence, kalau kita (bangsa Indonesia) mau, maka kita bisa. Semoga kedepannya tidak hanya Jakarta Bandung, tapi bisa juga ke daerah-daerah lainnya di Indonesia,” ujar Prof. Paripurna

Sejalan dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Dahliana Hasan, S.H., M.Tax., Ph.D. turut menyampaikan rasa kagumnya.

“Kesannya wah, hebat, mantap, Indonesia semakin maju dan semakin terdepan. Mudah-mudahan tidak hanya di sektor perhubungan tapi di sektor lainnya juga,” tuturnya. 

Dengan adanya KCJB, Menhun BKS berharap sebagaimana tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo, masyarakat akan beralih dari kendaraan mobil menjadi naik kereta. 

KAHGAMA & Padi Reborn yang mengikuti Uji Coba KCJB, Selasa (19/9/23)
banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...