Keberhasilan Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur Memperoleh Akreditasi Unggul

21 March 2024 | 14
Tim Penyusun Akreditasi Universitas Borobudur

Mediajustitia.com: Setelah bertahun-tahun berjuang sejak pendirian program doktor hukum pada tahun 2010 dan melewati dua kali proses akreditasi dengan hasil “B” dan “Baik Sekali”, akhirnya, melalui ketekunan, keseriusan dalam pengelolaan studi, dan kerja keras yang selalu mengedepankan kualitas, Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur berhasil meraih Akreditasi “Unggul”. Keputusan ini ditetapkan oleh BAN PT pada tanggal 19 Maret 2024.

Ketua Program Doktor Ilmu Hukum sekaligus Direktur Pascasarjana, Prof.Dr. Faisal Santiago, mengapresiasi BAN PT yang telah melakukan visitasi di program doktor ilmu hukum Universitas Borobudur. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat dan mahasiswa yang telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas akademik dan non akademik, sehingga pendidikan di Universitas Borobudur dapat menghasilkan lulusan yang unggul, berkarakter, dan berskala global.

Ketua Penyusun Borang Akreditasi Doktor Ilmu Hukum, Dr. Ahmad Redi, bersama Senior Advisor, Prof. Ade Saptomo, mendapat apresiasi atas dedikasi mereka dalam penyusunan berkas akreditasi. Dengan dukungan tim pengajar yang kompeten dan berpengalaman, proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kurikulum dan RPS yang telah disiapkan.

Kontribusi alumni juga memiliki peran penting, terutama dalam visitasi, dimana peran dan kontribusi mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan ditanyakan. Dr. Irjen Pol (Purn) Ronny F Sompie, sebagai Ketua Alumni, telah memberikan banyak kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di PDIH Universitas Borobudur.

Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur memiliki keunggulan berupa minimal 2 karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi dan peluang kuliah internasional di universitas ternama di luar negeri. Keunggulan ini memungkinkan program ini memperoleh akreditasi Unggul dari Pemerintah melalui BAN-PT.

Rektor Universitas Borobudur, Prof. Bambang Bernanthos, memberikan kepercayaan penuh kepada Ketua PDIH, Prof.Faisal Santiago, untuk mengelola program doktor ilmu hukum dengan baik dan menjaga kualitas sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini menjadikan program ini menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S3.

Dengan beragam latar belakang profesi dari mahasiswa PDIH Universitas Borobudur, seperti dari Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman, Advokat, Dokter atau Tenaga Kesehatan, ASN, Dosen, dan Karyawan Swasta, ini membuktikan bahwa pendidikan S3 di Universitas Borobudur sangat diminati. Faktanya, jumlah mahasiswa telah mencapai 339 orang.

Sarana dan prasarana bertaraf internasional, ditunjang dengan teknologi informasi, memberikan dukungan bagi PDIH dalam mendukung proses belajar mengajar di kampus Jalan Laksamana Malahayati Gd D Lantai 6.

Akreditasi Unggul ini adalah bentuk kepercayaan pemerintah terhadap PTS bahwa mereka dapat bersaing dengan PTN. Nilai Akreditasi 375 ini tentu diperoleh melalui perjuangan dan pengorbanan dalam mengelola program studi doktor ilmu hukum yang berkualitas.

Prof. Faisal Santiago berjanji akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di program doktor ilmu hukum dengan melakukan akreditasi internasional. Ia berkomitmen untuk selalu menjadikan program doktor ilmu hukum menjadi yang terbaik dan terdepan.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...