Lancar! Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum Pertama Terlisensi BNSP Mengakomodir Kebutuhan dengan Baik

23 October 2023 | 50

MediaJustitia.com: Persiapkan analis hukum pemerhati isu hukum aktual, Justitia Training Center dan Perkumpulan Ahli Profesional Hukum Indonesia (PAPHI) hadirkan Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum.

Diketahui, kegiatan tersebut merupakan Pelatihan dan Sertifikasi pertama pada skema Analis Hukum yang memperoleh lisensi negara melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kegiatan yang terlaksana pada 18-22 Oktober 2023 tersebut diikuti oleh 33 peserta yang berasal dari berbagai kementerian, lebaga negara non kementerian dan firma hukum.

“Saya sangat mengapresiasi terlaksananya Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum ini karena peminatnya begitu banyak. Bahkan ketika sudah fullseat, masih ada beberapa peserta yang hendak mendaftarkan rekan-rekannya,” ujar Dhea Yulia Maharani, S.H., CCD., C.Med (Direktur Pelatihan dan Sertifikasi Justitia Training Center).

Dhea menuturkan bahwa para peserta yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan pada angkatan pertama akan diarahkan pendaftarannya pada angkatan selanjutnya.

“Saya berharap Bapak/Ibu dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat direkomendasikan kompeten pada uji sertifikasi di hari terakhir nanti,” imbuh Dhea.

Sebagaimana Indonesia merupakan negara hukum yang memiliki beraneka ragam aturan, maka perlu dilakukan penyelarasan yang juga meliputi kebijakan politik legislasi nasional dan peningkatan kualitas pembentukan peraturan perundang-undangan.

Hyper regulasi juga akan berdampak pada disharmonisasi dan kurang maksimalnya penyelesaian masalah yang ada. Untuk itu, Justitia dan PAPHI menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya, baik dari kalangan praktisi maupun akademisi pada pelatihan yang kegiatan terlaksana secara daring tersebut. Narasumber yang dimaksud antara lain:

  • Prof. Dr. Wicipto Setiadi, S.H., M.H. (Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Guru Besar Fakultas Hukum UPNVJ)
  • Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.M. (Ketua Prodi Doktor FH UNBOR, Ketua Umum DPN PERKHAPPI, Tim Asistensi Hukum Nasional)
  • Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. (Ketua Umum DPP PAHKI, Rektor UNJANI, Guru Besar Hukum Internasional UI, Pakar Hukum Internasional)
  • Assoc. Prof. Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., MM.Mgt. (Praktisi Hukum, Dosen Universitas YARSI, Ahli Hukum Kontrak)
  • Pungky Hendrawijaya, S.H., M.Leg.Stud., Ph.D. (Legal Advisor, Dosen Senior UPNVJ)
  • Munir Fuady, S.H., M.H., LL.M. (Dosen Universitas Tarumanagara, Advokat, Kurator, Saksi Ahli Berbagai Pengadilan, Pengarang Buku dan Perancang/Narasumber pada pembuatan berbagai Undang-undang)
  • Tongam Renikson Silaban, S.H., M.H. (Analis Hukum Ahli Madya Kepala bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Pusat Analisis dan Evaluasi BPHN Kemenkumham)
  • Reza Fikri Febriansyah, S.H., M.H. (Koorbid Perekonomian Pusat Analis dan Evaluasi Hukum Nasional BPHN Kemenkumham)
  • Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med. (Presiden Direktur Justitia Training Center)

Pada penghujung kegiatan, para peserta akan diuji kompetensinya secara luring melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Hukum Indonesia (LSP HI) yang telah terlisensi oleh BNSP.

Meskipun uji sertifikasi Analis Hukum diselenggarakan secara tatap muka, skema-skema Pelatihan dan Sertifikasi di Justitia Training Center lainnya hampir semua sudah bisa dilaksanakan secara daring (Asesmen Jarak Jauh/AJJ).

Uji Sertifikasi Analis Hukum Angkatan I secara luring (Minggu, 22/10/23)

Salah seorang peserta kegiatan, Ichsan Syaidiqi, S.H., M.H. (Kelompok Kerja Analis Hukum Komisi Kejaksaan Republik Indonesia) menuturkan bahwa ia mengikuti kegiatan karena adanya kebutuhan yang bertemu dengan kesempatan oleh Justitia Training Center.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pelatihan yang pertama kali saya ikuti. Meskipun secara daring, saya dapat impresi yang bagus karena pemilihan narasumber dan pengajar sangat baik, para pengajar sangat mengakomodir pertanyaan-pertanyaan dari peserta training,” ujarnya dalam wawancara bersama tim Media Justitia.

Terkait uji sertifikasi yang diselenggarakan oleh LSP HI, Ichan juga menuturkan kesan yang baik karena adanya alur instruksi yang jelas.

“Teman-teman panitia juga sangat membantu dengan fasilitas yang memadai. Asesor penguji dari LSP mengakomodir kebutuhan kami dengan baik, kami diarahkan untuk mengikuti uji sertifikasi sesuai kualifikasi masing-masing.

Informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan dan Sertifikasi Analis Hukum hubungi 0811 9951 492 (Nita).

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...