21 June 2022

Lanjutkan! Jimmy-Fadlin Deklarasikan Diri untuk #TerusMelayani AKPI

Deklarasi Jimmy-Fadlin Senin (20/06/22) di Hotel JW MARRIOTT

MediaJustitia.com: Menjelang berakhirnya masa kepengurusan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) periode 2019-2022, pasangan Jimmy-Fadlin telah mendeklarasikan diri untuk maju menjadi Calon Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AKPI Tahun 2022-2025 pada Senin (20/05/22) di Pearl Restaurant, Hotel JW MARRIOTT.

Deklarasi tersebut dihadiri oleh anggota AKPI dari berbagai angkatan. Rekan-rekan yang tidak dapat hadir, turut memberikan dukungan terhadap Jimmy-Fadlin melalui video singkat yang ditampilkan selama kegiatan.

“Saya menyaksikan sendiri perjuangan kedua tokoh yang akan mendeklarasikan diri sebagai calon. Bang jimmy, selama hampir 3 tahun bersama saya, adalah sosok yang mengabdikan waktu dan pikirannya untuk AKPI, tidak ada yang bisa membantah itu semua. Sementara Bang Fadlin, secara diam-diam tanpa diketahui publik, meskipun yang terlihat hanya ketok-ketok saat RAT, untuk mempersiapkan itu semua ia telah banyak bekerja di belakang,” tutur Dedy Kurniadi (Sekretaris Jenderal AKPI 2019-2022) dalam keterangannya.

Dengan mengusung tagline “Terus Melayani” dan visi “Menguatkan kehadiran dan fungsi AKPI sebagai lokomotif penegakan keadilan dan kepastian Hukum Kepailitan dan PKPU di Indonesia,” Jimmy-Fadlin merumuskan 14 misi yang akan mendukung perwujudan visi tersebut, antara lain:

  1. Menguatkan kehadiran dan fungsi AKPI terhadap stakeholders dalam design penguatan UU Kepailitan & PKPU;
  2. Mengaktifkan kembali komunikasi dan diskusi “coffee morning” dengan hakim-hakim Niaga di 5 Pengadilan Niaga;
  3. Melanjutkan program sosialisasi UU Kepailitan & PKPU dan fokus penguatan kurator/pengurus lokal di 5 wilayah Pengadilan Niaga dan Bandung;
  4. Menguatkan kerjasama AKPI dengan Kemenkumham RI dan DPR dalam proses Revisi UU Kepailitan No.37/2004;
  5. Menekankan asas perlindungan profesi Kurator dan Pengurus dalam penyempurnaan UU Kepailitan;
  6. Melanjutkan diskusi yang telah berjalan dengan Kepolisian dan Kejaksaan untuk pemahaman dan penguatan perlindungan pelaksanaan tugas profesi Kurator dan Pengurus.
  7. Membangun kerjasama Dewan Kehormatan dengan Kemenkumham RI dalam penguatan pemahaman dan pelaksanaan standard profesi dan kode etik Kurator dan Pengurus Indonesia.
  8. Meningkatkan kualitas pendidikan rekrutmen dan lanjutan untuk penguatan kualitas Kurator & Pengurus AKPI
  9. Meningkatkan kualitas sekretariat dalam pengembangan efisiensi dan akurasi kecapatan pelayanan terhadap seluruh anggota AKPI
  10. Meneruskan layanan diskusi-diskusi nasional secara online/zoom untuk penguatan kualitas Kurator dan Pengurus AKPI secara gratis;
  11. Menguatkan kehadiran dan Peran Kurator dan Pengurus lokal dengan membangun kantor sekretariat di 5 wilayah Pengadilan Niaga dan Bandung;
  12. Melanjutkan hubungan dan kerjasama internasional yang telah berjalan dengan Insol, kurator-kurator Singapura, Australia dan Belanda, khususnya dalam persiapan infrastuktur crossborder insolvency;
  13. Menguatkan aktivitas olahraga, seni, melalui pertandingan2 untuk menguatkan kesehatan dan persahabatan Kurator & Pengurus AKPI
  14. Meningkatkan peran kurator senior dalam penguatan kinerja AKPI untuk semua.

“Inilah janji saya yang akan saya lakukan sebagai pelayan. Saya bukan bos atau pemimpin, saya adalah pelayan Bapak/Ibu sekalian. Saya harus mengakui, belum saya selesaikan ke-20 program (periode 2019-2022) dengan sempurna. Saya tidak mau meninggalkan AKPI ini dengan berhutang. Kalau konstitusi mengatakan hanya boleh 1 periode, saya pasti mundur. Oleh karena konstitusi kita memperbolehkan dua periode dan saya tidak pernah mau berhutang, maka saya akan LANJUTKAN perjuangan saya,” ucap Jimmy dalam deklarasinya.

Pada periode 2019-2022, Jimmy dan Dedy berhasil menjalankan 102 program kerja, meskipun harus melakukan sejumlah penyesuaian akibat pandemi Covid-19 yang melanda pada bulan ke-6 masa kepengurusan. 

“Kesimpulan saya pribadi adalah sekalipun tenggang waktu kepengurusan Jimmy-Dedy sudah terkendala Covid selama 2 tahun, kepengurusan yang berjalan adalah kepengurusan yang paling padat, aktif, kompak, tanpa memandang apapun dan paling dapat dilihat dan dirasakan hasilnya oleh semua anggota AKPI,” ujar Rynaldo

Di luar keberhasilan atas program kerjanya, anggota-anggota AKPI yang hadir menuturkan rasa kagum mereka terhadap kesederhanaan dan kerendahan hati Jimmy-Fadlin. Terlebih sebagai Ketua Umum, Jimmy selalu membuka diri untuk menjadi tempat bagi anggota-anggota meminta pendapat, tidak pernah menunjukkan sikap ekslusif dan selalu menunjukkan respect, sehingga bisa diterima di seluruh lapisan masyarakat dan anggotanya. 

“Jimmy-Fadlin memang bertujuan untuk kebaikan untuk terus melayani. Periode Jimmy adalah periode penuh keberhasilan dan tidak ada kebaikan tanpa perjuangan. Untuk itu mari rapatkan barisan, tetapkan hati, Jimmy-Fadlin For AKPI 2022-2025, Terus Melayani!” pungkas Fadlin dalam deklarasinya.

Diketahui, pemilihan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AKPI akan dilaksanakan pakda Rapat Anggota Tahunan (RAT) AKPI di bulan Agustus.

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

bannrev

#TanyaMedjus

Please enter your name.
Please enter a message.