Lantik Pengurus, DPC Peradi SAI Jakarta Selatan Angkat Tema “Bhinneka Tunggal Ika”

7 October 2022 | 171
Penyerahan Pataka oleh Ketua DPN Peradi SAI kepada Ketua DPC Peradi Jakarta Selatan (foto: Media Justitia)

MediaJustitia.com: Berkembang pesat, Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (DPC Peradi SAI) Jakarta Selatan lantik Pengurus Periode 2022-2026 pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Kegiatan diselenggarakan secara luring di Hotel Bidakara, Jakarta dengan dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI; Walikota Jakarta Selatan; Hakim dan perwakilan dari beberapa institusi penegak hukum antara lain Pengadilan Tinggi TUN Jakarta; Pengadilan Negeri Jakarta Selatan; Kejaksaan Negeri Jakarta; Kepolisian Resor Metropolitan Jakarta Selatan. Hadir juga dari jajarang pengurus DPN PERADI, Ketua DPC Peradi SAI Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Timur, Tangerang Raya; Dekan FH UPH dan jajarannya, Rektor UNIAT dan jajarannya; Ketua Umum IPINDO; serta Perwakilan Organiasi Profesi seperti AKPI, AAI, dan IKADIN.

Menariknya, para hadirin mengenakan topi adat dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tarian hiburan yang disajikan pun merupakan perpaduan antara berbagai tarian adat yang dikemas dalam satu tema “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Bisa dilihat ada satu hal yang berbeda, yakni pemakaian topi dari berbagai daerah sebagai lambang meskipun kita berbeda namun kita tetap satu. Sebagaimana tema yang diusung “Bhinneka Tunggal Ika”, peran dedikasi advokat sebagai penegak hukum diharapkan dapat memberikan wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Rendy A. Kailimang, S.H., M.H.(Ketua Panitia).

Pembacaan Surat Keputusan pelantikan Pengurus DPC Peradi SAI Jakarta Selatan dilakukan oleh Dr. H. A. Patramijaya, S.H., LL.M. (Sekretaris Jenderal DPN Peradi SAI). Tercatat, sebanyak 75 orang pengurus dilantik pada hari itu yang terdiri atas Ketua dan Wakil, Sekretaris, Bendahara, Komite Pendidikan, Komite Organiasi, Komite Seni Budaya dan Olahraga, Komite Pengabdian Masyarakat, dan Komite antar Lembaga

Ketua Umum DPN Peradi SAI, Dr. Juniver Girsang, S.H., M.H. berharap DPC Peradi Jakarta Selatan bisa menjadi pioneer dan contoh bagi pengurus cabang lainnya di Indonesia.

“Saya sangat appreciate kepada kepengurusan DPC Jakarta Selatan. Kiranya kepengurusannya semakin solid agar dapat meningkatkan kualitas advokat di wilayah Jakarta Selatan dan menjadi pioneer dalam memajukan Peradi SAI,” tambahnya.

Hal serupa disampaikan oleh Denny Kailimang, S.H., M.H. (Ketua Komisi Pengawas DPN Peradi SAI), di mana Denny mengharapkan advokat yang tergabung dalam PERADI SAI dapat memberikan contoh dalam bertingkah laku sebagai advokat dalam menjalankan tugasnya, mengingat terdapat Komisi Pengawas di DPN Peradi SAI.

Sementara itu, Sahat M. Tamba, S.H., M.H. (Ketua DPC Peradi Jakarta Selatan) optimis bahwa anggota DPC Peradi Jakarta Selatan akan mempunyai 5.000 anggota dalam kurun waktu 5 tahun ke depan,

“Pada saat pendirian di tahun 2018, kita benar-benar mulai dari 0. 4 tahun yang lalu, hanya ada 45 orang anggota dan dalam kurun waktu 4 tahun sudah berkembang menjadi 1.200 orang anggota. Berarti, kecintaan advokat lain kepada Peradi SAI luar biasa. Jadi DPC Jakarta Selatan optimis, sampai 2026 nanti akan mempunyai anggota kurang lebih 5.000 orang dan bisa bersaing dengan organisasi mana pun,” tambahnya.

Pengurus DPC Peradi SAI Jakarta Selatan (foto: Media Justitia)

Diketahui, anggota Peradi SAI sekitar 25.000 yang tersebar dalam 42 cabang di seluruh Indonesia. Menurut Juniver sendiri, tantangan terbesar advokat saat ini adalah untuk terus meningkatkan kualitasnya agar berkembang.

“Saya yakin DPC Jakarta Selatan bisa lebih baik dan berkembang. Karena kepengurusannya terdiri atas tokoh muda yang membuat sistem dengan baik. Saya yakin, jangan-jangan tidak sampai 5 tahun, sudah tercapai target 5.000 anggota. Saya berharap DPC Peradi Jakarta Selatan senantiasa menjaga kekompakan, meningkatkan pendidikan berkelanjutan, dan selalu menjaga hubungan dengan penegak hukum agar terjadi harmonisasi,” imbuhnya dalam wawancara bersama tim Media Justitia.

Dalam kesempatan yang sama, Sahat menuturkan bahwa akan diselenggarakan Rapat kerja Cabang di mana para pengurus akan merumuskan program-program organisasi yang akan dikerjakan dan dikembangkan selama 4 tahun kedepan guna menunjang target tersebut.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...