Meminimalisir Pelanggaran Hukum di Bidang Pertambangan, Justitia dan PERKHAPPI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi!

4 August 2023 | 29
Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Angakatan XXVI

MediaJustitia.com: Justitia Training Center selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Angkatan XXVI bekerja sama dengan Perkumpulan Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Indonesia (PERKHAPPI).

Terselenggara pada 26 – 30 Juli 2023, kegiatan diikuti oleh 19 orang peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Pelatihan dan sertifikasi ini sudah memasuki angkatan ke-26 dan sudah banyak menghasilkan alumni yang berkiprah dan memiliki sertifikasi sebagai Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan. Mudah-mudahan Bapak/Ibu bisa lulus dan bisa mendapat sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bentuk kepercayaan pemerintah untuk berkontribusi kepada masyarakat,” ujar Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.M. (Ketua Umum DPN PERKHAPPI).

Sebagaimana diketahui bersama, dewasa ini sangat diperlukan pengetahuan dalam pengawalan pengelolaan pertambangan di sisi hukum. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum dan kerugian yang terjadi pada pengelolaan pertambangan, baik bagi negara maupun masyarakat sekitar.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber berkualitas yang ahli di bidangnya yang akan mengupas materi seputar hukum pertambangan secara lengkap, antara lain Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.H.; Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., PhD.; Prof. Dr. Tri Hayati, S.H., M.H.; Dr.; Assoc. Prof. Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., M.S.; Ir. Arief Heru Kuncoro, M.T.; Dr. Ir. Raden Sukhyar.; Bisman Bhaktiar, S.H., M.H., M.M.; Dr. Ahmad Redi, S.H., M.H.; Andriansyah Tiawarman K. S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC.

Adapun garis besar materi yang dirancang oleh tim Justitia adalah sebagai berikut:

  1. Hukum Pertambangan dalam Sistem Tata Hukum Nasional
  2. Teknik Menjalin Komunikasi yang efektif
  3. Pengusahaan, Perizinan dan Pembinaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara
  4. Kajian Lingkungan dan Wilayah Pertambangan
  5. Usaha Jasa Pertambangan
  6. Legal Due Diligence (LDD) Di Sektor pertambangan
  7. Reklamasi Pasca Tambang
  8. Kaidah Teknis Praktek Pertambangan yang Baik (Good Mining Services)
  9. Teknik Perancangan Kontrak Pertambangan
  10. Tanggung Jawab Direksi, Komisaris dan Pemegang Saham Dalam Sengketa Perusahaan Tambang
  11. Teknik Dan Strategi Pendampingan terhadap upaya hukum melalui pengadilan (litigasi) dan di luar pengadilan (non litigasi)
  12. Teknik Menyusun Rencana Kerja Dan Anggaran Biaya (RKAB) Pertambangan

Setelah mengikuti pelatihan selama 3 (tiga) hari, para peserta akan diuji kompetensinya melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia yang telah memperoleh lisensi oleh BNSP.

Informasi dan pendaftaran mengenai Pelatihan dan Sertifikasi Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan selanjutnya silakan menghubungi 0811 1021 127 (Eldi) atau 0811 9532 112 (Sherley).

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...