Mencetak Perancang Kontrak Unggul, Justitia Bersama PAHKI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan XLIII

20 May 2024 | 25
Sesi foto bersama Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan XLIII

Mediajustitia.com: Justitia Training Center bersama dengan Perkumpulan Perancang dan Ahli Hukum Kontrak Indonesia (PAHKI) telah menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan XLIII pada 2-5 Mei 2024

Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari itu diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari berbagai kalangan baik individu dan juga institusi swasta maupun pemerintahan. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting, dan di akhir pelatihan para peserta akan diuji kompetensinya melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia yang sudah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terkait dengan skema Perancang Kontrak.

Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med. selaku Presiden Direktur Justitia Training Center dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya antusiasme peserta Perancang Kontrak kali ini sangat tinggi, dan harus membuka angkatan khusus di bulan Juni.

“Luar biasa sekali antusias peserta pada angkatan kali ini karena meskipun sudah full, kami masih menerima banyak permintaan dari calon peserta untuk mengikuti kegiatan pada angkatan ini. Kami harus membuka angkatan khusus lagi di bulan Juni,” ujarnya.

Andriansyah juga menjelaskan pentingnya penyusunan kontrak harus memperhatikan teori Asas dan peraturan yang berlaku serta bagaimana praktik hukum secara universal.

“Perlu kita ingat bahwa tahap penyusunan kontrak sangatlah penting karena kata-kata yang digunakan ini bisa menjadi multitasking apabila tidak tepat dalam penyusunannya. Bicara kontrak ibarat kita berbicara tentang sedia payung sebelum hujan, karena lebih baik kita berhati-hati dalam menyusun sebuah kontrak saat ini daripada 10 tahun yang akan datang timbul sengketa,” jelasnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada pelatihan ini antara lain, Assoc. Prof. Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., MMgt.; Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.; Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.M.; Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko, S.H., M.H.; Dr. Intan Inayatun Soeparna, S.H., M.Hum.; Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med.; Jesconiah Siahaan, S.H., LL.M.

Garis Besar Materi yang diangkat para narasumber dalam Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan XLVIII diantaranya:

  1. Pengantar Hukum Kontrak dan Pemahaman Dasar Penyusunan Kontrak Perjanjian
  2. Struktur dan Anatomi Kontrak
  3. Teknik Menyusun Rancangan Kontrak
  4. Teknik dan Strategi Melakukan Negosiasi Kontrak
  5. Teknik Review Dokumen Kontrak
  6. Teknik Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak
  7. Teknik Penyusunan Kontrak Bisnis Internasional
  8. Bilingual Contract Drafting
  9. Strategi Penyelesaian Sengketa Kontrak (Litigasi dan Non Litigasi)
  10. Simulasi Penyusunan Dokumen Kontrak

Salah satu peserta Ekky Maulika Permatasary, S.H. saat diwawancarai oleh tim Media Justitia mengatakan latar belakang mengapa tertarik mengikuti Pelatihan di Justitia.

“Sebelumnya karena dalam pekerjaan banyak menghandle terkait kontrak perusahaan, jadi perlu dilakukannya pelatihan beserta sertifikasi terkait kontrak agar memiliki keahlian yang dapat diakui secara nasional sebagai Contract Drafter. Kenapa memilih di Justitia, karena Justitia sudah tersertifikasi oleh BNSP dan memiliki jadwal yang cukup sering serta speaker yang bagus,” katanya.

Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan selanjutnya akan dilaksanakan kembali tanggal 19 s.d 22 Juni 2024. Informasi mengenai pendaftaran pelatihan dan sertifikasi dapat menghubungi +62 811-1021-126 (Syifa) atau +62 811-1811-492 (Ghifari).

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...