MoU FH UKI dan Justitia : Dukung Masa Depan Mahasiswa dengan Kenalkan Profesi Hukum dan Kompetensi Penunjangnya

20 June 2023 | 25

MediaJustitia.com: Pengarahan dan Persiapan Proposal Skripsi bagi mahasiswa, Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) bersama Justitia Training Center selenggarakan seminar bertajuk “Pengenalan Profesi Hukum di Indonesia dan Kompetensi Penunjangnya”.

Kegiatan ini berlangsung secara tatap muka di ruang seminar UKI pada Senin, 19 Juni 2023 dan dihadiri oleh para mahasiswa/i fakultas hukum semester akhir.

Dalam pembukaannya, Dr. Hendri mengatakan bahwa prestasi harus diimbangi oleh kemampuan juga. Acara ini dibuat khusus untuk mahasiswa/i yang nantinya akan terjun ke kancah hukum yang sebenarnya.

“Acara ini dibuat khusus untuk kalian karena kami sangat peduli dengan masa depan kalian, ketika kalian nanti terjun di kancah hukum yang sebenarnya. Masa depan UKI ada di pundak kalian, setelah kalian keluar dari kampus ini,” tegasnya.

Dr. Hendri menambahkan, para mahasiswa/i pasti sudah mendambakan profesi-profesi hukum yang mereka pilih baik hakim, jaksa, advokat dan profesi hukum lainnya. 

“Saya bangga sekali melihat teman-teman semua yang sangat optimis melihat masa depan. Prestasi ini harus diimbangi oleh kemampuan juga, IPK saja tidak akan menunjang masa depan kalian, adik-adik semua pasti punya profesi yang dipilih, hakim, jaksa, dan lain-lain silakan. Ini acara spesial buat pra alumni, kita siapkan senjata-senjata untuk kalian yang akan terjun ke dunia hukum yang sebenarnya,” tambahnya.

Untuk diketahui, selain seminar dan pengarahan penyusunan proposal skripsi juga akan diadakan penandatanganan MoU oleh Fakultas Hukum UKI Dr. Hendri Jayadi, S.H., M.H. Fakultas Hukum UKI bersama Presiden Direktur Justitia Training Center Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med yang pada hari ini juga berkesempatan menjadi narasumber kegiatan.

“Suatu kerhormatan bagi Justitia telah diundang oleh Fakultas Hukum UKI dalam kegiatan ini yang juga akan melaksanakan penandatanganan MoU serta berdiskusi tentang pengenalan profesi hukum, dan juga kompetensi penunjang lainnya,” ujar Andriansyah. 

Penandatanganan MoU oleh Presiden Direktur Justitia Training Center Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H. dan Dekan Fakultas Hukum UKI Dr. Hendri Jayadi, S.H., M.H.


Sesi Pemaparan Materi
Seminar dipandu oleh Andree Washington H, S.H., M.H. selaku moderator. Andree mengatakan, profesi di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pekerjaan yang membutuhkan skill dan bidang yang khusus dari ilmu yang sudah dipelajari. Hari ini, tambahnya, mahasiswa/i akan dibekali pengetahuannya mengenai profesi-profesi hukum serta kompetensi penunjangnya.

Dalam kesempatan ini, Andriansyah selaku narasumber mengenalkan berbagai jenis profesi hukum baik yang sudah dikenal maupun yang jarang terdengar di lingkungan masyarakat.

Tak hanya itu, Andriansyah turut membekali ilmu kepada mahasiswa/i mengenai nilai moral profesi hukum, kompetensi kerja, apa itu sertifikasi, manfaat memiliki kompetensi, badan yang kompeten dari negara-negara untuk melakukan sertifikasi, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia, serta skema apa saja yang ada di LSP Justitia yang telah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pemaparan oleh Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC

Skema tersebut di antaranya adalah Certified Mediator (C.Med), Certified Mediator Assistant (C.M.A.), Certified Contract Drafter (CCD.), Certified Contract Drafter Assistant (CCDA.), Certified Procurement Contract Drafter (CPCD.), Certified Procurement Contract Drafter Assistant (CPCDA.), Certified Construction Contract Specialist (CCCS.), Certified Tax Legal Consultant (CTLC), Certified Custom Advisor (CCA.).

Menurut Andriansyah, pentingnya memiliki sertifikasi di era sekarang ini ialah selain membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri SDM Hukum, juga membantu SDM Hukum meyakinkan kepada organisasi dan kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bekerja atau menghasilkan produk atau jasa. 

Tomson Situmeang, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan UKI mengatakan, seminar ini ditujukan memang khusus bagi mahasiswa/i semester akhir, pra alumni, dalam rangka mengetahui dan mempersiapkan masa depan mahasiswa/i ketika telah lulus akan mengarah kemana.

“Ketika lulus mereka mau kemana, kemudian untuk profesi itu kan tidak hanya sekadar saya mau jadi advokat saja, tapi ada kompetensi khusus, karena itu LSP Justitia di bawah naungan Justitia Training Center kita anggap mempunyai kompetensi untuk melakukan itu maka kita harapkan dengan apa yang disampaikan Pak Andriansyah itu membuka pikiran mahasiswa/i kami sehingga kedepannya mereka tahu mau ngapain,” jelasnya saat diwawancari oleh tim Media Justitia. 

Tomson beharap, sambil menunggu mencari pekerjaan nantinya mahasiswa/i yang segera menjadi alumni ini bisa mengikuti pelatihan dari Justitia Training Center dan dinyatakan kompeten oleh LSP Justitia sehingga dapat bermanfaat bagi mereka dalam mencari relasi dan pekerjaan.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...