Paguyuban Inklusif, KAHGAMA Lantik 270 Pengurus Lintas Generasi, Profesi dan Gender

15 April 2023 | 160

MediaJustitia.com: Pasca Musyawarah Nasional (MUNAS) Maret lalu, Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (KAHGAMA) selenggarakan Pelantikan Pengurus KAHGAMA Masa Bakti 2023-2028.

Kegiatan dilaksanakan pada 14 April 2023 di Ballroom Hotel Pullman, Jakarta dengan turut disiarkan secara langsung melalui kanal youtube .

Kegiatan dibuka oleh Menkopolhukam Prof. Dr. Moh. Mahfud MD, SH, SU., MIP. (Dewan Penasihat) yang berharap kegiatan pelantikan dapat memantik penegakan hukum yang lebih baik.

“Bidang hukum tengah melemah dan kita perlu pelopor-pelopor untuk berhukum. Mari kita bersama-sama berhukum dengan benar, terlebih fakultas hukum UGM ini masih harum namanya dan sangat disegani. Untuk itu kita harus menjaga dan meluruskan kembali NKRI yang berdasarkan pada hukum,” ujar Prof. Mahfud.

Menurutnya, aspek penentu dalam hukum bukanlah intelektualitas, melainkan hati nurani.

“Dalil hukum bisa dicari, namun kalau hanya punya kecerdasan saja tanpa kemuliaan watak, hukum tidak akan pernah tegak. Hukum yang benar adalah kemampuan intelektual untuk mengolah pasal-pasal dan mempertemukan dengan hati nurani. Bagaimana suatu kebenaran hukum dibangun dan dipertemukan dengan public sense, itulah keadilan,” imbuh Prof. Mahfud.

Terlebih dahulu secara terpisah, Menteri Perhubungan Indonesia, Dr. Ir. Budi Karya Sumadi (Wakil Ketua Umum I KAGAMA) telah melantik Ketua Umum (Prof. Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M.), Sekretaris Jenderal (Mandela Ignasius Sinaga, S.H., M.H.) dan Bendahara Umum (Triweka Rinanti, S.H., M.H). Adapun pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan dibacakan oleh Dr. AAGN Ari Dwipayana (Sekretaris Jenderal KAGAMA).

Tercatat, lebih dari 270 pengurus yang dilantik, terdiri atas Dewan Penasihat, Dewan Pembina, Pengurus Harian, Bidang Organisasi dan Kerja sama, Bidang Hubungan Masyarakat dan Luar Negeri, Bidang Kajian Strategis dan Advokasi, Bidang Sosial dan Pengabdian Masyarakat, Bidang Usaha Niaga dan Olah Raga, Bidang Pelestarian Alam dan Lingkungan Hidup, Bidang Kesejahteraan dan Kerohanian, serta Bidang Pendidikan, Profesi, dan Pemberdayaan.

Baca Juga : Susunan Pengurus Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (KAHGAMA) Masa Bakti 2023-2028

Ketua Panitia Pelantikan, Deny Surya Pranata Purba, S.H., melihat ada kecintaan luar biasa dari jajaran panitia dan mengapresiasinya. Deny berharap panitia pelantikan akan terus terlibat dan berperan aktif dalam mendukung kepengurusan 5 tahun mendatang.

Berjalan dengan lancar, Dahliana Hasan, S.H., M.Tax., Ph.D. (Dekan Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada) menuturkan rasa bangganya.

“Selamat, pelantikan ini menjadi suatu momentum untuk melakukan kerja dan aktivitas yang baik untuk FH UGM, UGM, serta bangsa dan negara. Ini saatnya KAHGAMA menjadi Keluarga Alumni Gadjah Mada yang memang mempunyai kontribusi besar bagi kemajuan bangsa dan negara,” imbuh Dahliana.

Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., turut mengapresiasi jalannya kegiatan dan kekompakan KAHGAMA.

“Satu kata yang merupakan kesan di acara pelantikan ini adalah KAHGAMA memang luar biasa. Apa yang KAHGAMA kerjakan menjadi kebanggaan bagi Universitas Gadjah Mada. Selamat kepada pengurus yang baru dilantik, saya rasa akan banyak karya nyata yang dihasilkan dari KAHGAMA untuk bangsa dan negara,” ujar Prof. Ova.

 

Kepengurusan KAHGAMA

Bendahara Umum, Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal KAHGAMA Masa Bakti 2023-2028


Bersifat institusi paguyuban dan kental nuansa musyawarah, kepengurusan KAHGAMA melibatkan pengurus lintas profesi, generasi, dan gender.

“Sifat organisasi KAHGAMA adalah inklusif, siapa saja mau mau kerja bisa bergabung. Memang KAHGAMA hanya kompartemen kecil di KAGAMA, tapi mari kita sama-sama buktikan bahwa organisasi KAHGAMA bukan organisasi main-main, bukan kompartemen kaleng-kaleng dan berkontribusi terhadap bangsa, negara, dan kemanusiaan,” ajak Prof. Paripurna.

Dalam waktu dekat, KAHGAMA akan menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) untuk membahas program kerja selama masa bakti agar lebih kuat dan berkarakter dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

Dalam wawancara terpisah bersama tim Media Justitia, Prof. Paripurna menuturkan bahwa kepengurusan KAHGAMA telah di-setting menjadi milik generasi yang akan datang. Untuk itu banyak pengurus lintas generasi agar dapat terjadi transfer of knowledge, experience dan culture dalam memobilisasi alumni KAHGAMA di seluruh Indonesia

“Pada intinya adalah mengantar kuat menjulang tinggi dan memperkenalkan tradisi budaya bangsa yang dimiliki, yang kaya akan diversitas dan kebhinekaan. Nanti akan kita terjemahkan ke dalam nilai-nilai, norma-norma yang kita dorong menjadi peraturan dan hukum yang akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik,” imbuhnya.

Kegiatan dimeriahkan oleh Padi Reborn dan turut dihadiri juga oleh YM Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, SH, LL.M. (Hakim Konstitusi MK), YM Dr. I Gusti Agung Sumanta.,SH, MH (Ketua Kamar Perdata MA), YM Dr. Pri Pambudi Teguh, SH, MH (Hakim Agung MA), YM Dr. Nani Indrawati, SH, M .Bersenandung. (Hakim Agung MA), YM Achmad Jaka Mirdinata, SH, MH (Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial MA), Dr. H. Bambang Kesowo, SH, LL.M. (Menteri Sekneg Kabinet Gotong Royong 2001-2004), Laurentius Amrih Jinangkung, SH, LL.M. (YM Duta Besar Indonesia Takta Suci Vatikan), Prof. Drs. Anwar Sanusi, MPA, Ph.D. (Sekjen Kemenaker), Tony Tribagus Spontana, SH, M.Hum. (Kepala Badan Diklat Kejagung).

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...