Pelantikan DPC AAI Jakarta Barat: Moment Awal Perjuangan Membela Kebenaran

21 September 2023 | 217
Foto bersama Pengurus DPP AAI, DPC AAI Jakarta Barat, Polres, Danwil, Kejaksaan pada pelantikana dan pengukuhan DPC AAI Jakarta Barat, Kamis, (21/09/2023).

MediaJustitia.com: Kamis, (21/09/2023), Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Advokat Indonesia (DPP AAI) gelar Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AAI Jakarta Barat periode 2023-2028 dengan mengusung tema “Integritas Berkeadilan AAI Satu, Satu AAI”. Pelantikan dan Pengukuhan dijadikan sebagai awal perjuangan membela kebenaran.

Kegiatan turut dihadiri oleh Pengurus DPP AAI yaitu Arman Hanis, S.H. (Ketua Umum DPP AAI); Jamaslin James Purba, S.H., M.H; (Ketua Dewan Penasehat DPP AAI); Fahmi Assegaf, S.H., M.H. (Sekretariat Dewan Kehormatan DPP AAI); Irwan Irawan, S.H. (Ketua PBH DPP AAI); dan pengurus lainnya, Pengurus DPC AAI Jakarta Barat, Perwakilan Polres Jakarta Barat, Perwakilan Kejaksaan Jakarta Barat, Perwakilan Komando Rayon Militer.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan hikmat. Kemudian di sambung dengan hymne AAI yang membuat suasana menjadi lebih hangat.

Semmy A. Mantouw, S.H., M.M., M.H. (Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan dan Pengukuhan) dalam laporan kegiatan menyampaikan latar belakang kegiatan ini.

“Pelantikan dan pengukuhan dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil musyawarah cabang yang telah dilaksanakan pada 14 Juli 2023. Pelantikan dan pengukuhan kali ini mengangkat tema “Integritas berkeadilan AAI Satu, Satu AAI,” kata Semmy.

Kegiatan dimulai dengan melantik Pengurus DPC AAI Jakarta Barat dengan ketua Susy Tan, S.H., M.H. Kemudian dilanjutkan dengan melantik pengurus PBH (Pusat Bantuan Hukum) dengan ketua Jaury Roeland Hukom, S.H. Selanjutnya pelantikan Dewan Penasehat dengan ketua Sutan Siagian, S.H. Setelahnya pelantikan Dewan Kehormatan dengan ketua Jandri Onasis Siadari, S.H., Dip.Mkt., LL.M.

Pengukuhan Anggota baru AAI DPC Jakarta Barat dilakukan dengan pembacaan SK Pengukuhan yang dibacakan oleh Susy Tan, S.H., M.H. Adapun anggota baru yang dilakukan pengukuhan berjumlah 19 orang.

Foto bersama pengukuhan anggota baru DPC AAI Jakarta Barat

Advokat tidak hanya membela secara lahiriah, namun menjadi simbol spiritual bagi para pencari keadilan ditengah-tengah masyarakat. Menjadi advokat adalah pelopor perubahan yang positif dalam masyarakat.

Arman Hanis menyampaikan ucapan selamatnya kepada para pengurus yang baru dilantik.

“Saya selaku ketua umum DPP AAI dengan gembira dan penuh antusias, mengucapkan selamat kepada seluruh anggota pengurus yang baru saja dilantik. Pelantikan ini merupakan acara penting dalam perjalanan organisasi advokat yang kita cintai bersama karena dengan adanya pengurus yang baru, kita semua berharap dapat menghadirkan semangat yang baru, inovasi dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas dan amanah yang diberikan.” jelasnya.

Turut hadir AKBP Slamet Riyadi (Polres Jakarta Barat) menyampaikan ucapan selamat dan mengimbau agar senantiasa bekerjasama dalam memberikan pelayanan kepada pencari keadilan.

“Kami ucapkan selamat kepada seluruh pengurus. Hukum merupakan panglima tertinggi, bapak/Ibu (Advokat) yang menjadi pejuang dalam membela kebenaran. Kami juga mengajak untuk bersama-sama agar kita bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang penegakan hukum“, jelas Slamet Riyadi.

Jamaslin James Purba juga mengungkapkan ucapan selamat kepada para pengurus dan mengingatkan tugas advokat sebagai penegak keadilan.

“Selamat untuk pengurus DPC AAI Jakarta Barat yang baru saja dilantik, selamat bekerja semoga apa yang sudah diniatkan para pengurus ini dapat terlaksana dengan kerja keras dan juga rekan-rekan dalam menjalankan profesi dapat tetap berpegang teguh kepada hukum dan keadilan karena sebagai advokat tugas kita adalah menegakan hukum setegak-tegaknya,” ucapnya.

Fahmi Assegaf menyampaikan pelantikan DPC AAI Jakarta Barat melengkapi 3 pilar penegak hukum menjadi 4 pilar penegak hukum.

“Pada siang menjelang sore ini ada 4 pilar penegak hukum, ada dari unsur kapolres, ada unsur danramil, dari unsur dari kejaksaan negeri, dan DPC AAI Jakarta barat,” ungkap Fahmi Assegaf.

Kehadiran 4 Pilar diharapkan dapat terjalin Kerjasama, kolaborasi demi membela kebenaran. Kerjasama dapat dilakukan dengan adanya penyuluhan, edukasi hukum agar kebenaran dapat ditegakkan.

Dalam Wawancara yang dilakukan secara terpisah oleh tim Media Justitia Bobby Manalu, S.H., M.H. (Sekretaris Jendral AAI)  juga menyampaikan pentingnya menjalain tali silaturahim dengan para penegak hukum.

“Advokat tidak lepas dan pasti bersinggungan dengan penegak hukum lainnya, sehingga untuk menjalin tali silaturahmi untuk memudahkan kordinasi untuk saling bahu membahu dalam menegakan keadilan,” jelasnya.

Di lain kesempatan, Susy Tan, S.H., M.H. menungkapkan perasaannya setelah dilakukan pelantikan dan pengukuhan DPC AAI Jakarta Barat.

“Saya merasa gembira sudah dilaksanakannya pelantikan dan pengukuhan, namun saya juga memiliki tantangan besar, tanggung jawab berat mengingat AAI sebagai organisasi besar yang sudah cukup lama. Memimpin suatu cabang tidaklah mudah, namun saya akan tetap berusaha dengan mengakomodir apa yang dibutuhkan para anggota,” jelasnya. 

Ketua DPC AAI Jakarta Barat, Susy Tan, S.H., M.H. saat diawawancara oleh tim Media Justitia

Sejalan dengan itu Semmy A. Mantouw, S.H., M.M., M.H. menyampaikan harapannya agar kedepannya AAI DPC Jakarta Barat dapat menjadi rumah bagi anggotanya.

“Sebagai pengurus kami bisa berkolaborasi untuk membantu agar dapat menjadi lebih baik kedepannya khususnya untuk para anggota-anggota yang ada di DPC Jakarta Barat mereka akan merasa nyaman dan AAI Jakarta barat seperti rumahnya agar tercapai AAI satu, satu AAI”, ucapnya. 

Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan dan Pengukuhan, Semmy A. Mantouw, S.H., M.M., M.H. saat diwawancarai oleh tim Media Justitia

Turut Hadir Komandan Koramil Mayor Infanteri Manatap Rajagukguk, S.E., M.H. yang menyampaikan harapannya agar wilayah Jakarta Barat dapat tetap aman damai dan kondusif. Selain itu Danramil juga mengingatkan agar adanya slogan hukum sebagai panglima tidak hanya diucapkan namun diterapkan oleh para advokat dalam mencari kebenaran.

 

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...