Pembukaan Kongres Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia: Didukung 25 Pengawas Wilayah Hingga Komisi III DPR

29 October 2023 | 444

MediaJustitia.com: Mengusung tema “Menjaga Organisasi yang Luhur & Berintegritas”, Ikatan Notaris Indonesia (INI) menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 29-30 Oktober 2023 di Harris Hotel & Conventions Festival CityLink Bandung.

“Adalah suatu kebangaan bagi kami bisa menyelenggarakan KLB yang merupakan amanah dari seluruh anggota INI di seluruh wilayah Indonesia. Kami bangga dan berbahagia bisa hadir dan menghadirkan KLB, di mana kita bisa menjalankan hak kita sesuai Pasal 28 UUD 1945, yakni kemerdekaan berkumpul dan berserikat, mengeluarkan pikiran, pendapat, dan aspirasi bagi organisasi yang kita cintai demi kemaslahatan orang banyak,” pungkas Nenden Esty Nurhayati, S.H., Sp.N., M.Si. (Ketua Pelaksana KLB INI 2023)

Nenden menyampaikan bahwa sejak pendaftaran dibuka 1 (satu) bulan yang lalu, terdapat 3.158 peserta yang mendaftar namun hanya 2.507 yang bisa melakukan verifikasi. Berdasarkan konfirmasi kedatangan sebelum pembukaan, jumlah peserta yang hadir dan bisa menggunakan hak suara adalah sekitar 2.240 peserta.

Berdasarkan Pasal 21 Anggaran Rumah Tangga INI, KLB merupakan langkah pengembalian landasan organisasi INI berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang berlaku dan mengingat. KLB INI 2023 juga merupakan wujud pelaksanaan dari Hasil Kongres XXIII Makassar 1 Mei 2019 dan Hasil Keputusan Kongres Luar Biasa INI pada 15 Juni 2022 di Kampar Riau silam.

“Tujuan KLB ini adalah untuk menjaga silaturahmi dan melakukan konsolidasi. Kami menginginkan agar wadah tunggal ini tetap satu, tetap dihargai dan dihormati dari apa yang sudah ada sebagai garda terdepan Kementerian Hukum dan HAM. Kita harus solid dan ingin bersama,” pungkas Dr. H. Irfan Ardiansyah, S.H., LL.M., Sp.N. (Ketua Pengurus Wilayah Jawa Barat INI).

Adapun KLB INI 2023 diselenggarakan oleh 25 Pengurus Wilayah (Pengwil) INI, antara lain Pengwil Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Tenggara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Selaku Ketua Koordinator 25 Pengwil, Dr. Abdul Muis, S.H., M.H. menjelaskan bahwa KLB merupakan upaya terakhir setelah semua jalan untuk mencari penyelesaian mengalami kebuntuan.

“Pilihan ini harus ditempuh sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perkumpulan (AD/ART), dengan semangat untuk tetap mencari jalan terbaik demi menyelamatkan Perkumpulan. Penunjukkan Kota Bandung sebagai tempat pelaksanaan juga bukannya tanpa alasan, melainkan sebagai bentuk upaya mengembalikan kewibawaan forum Kongres sebelumnya yang menetapkan Jawa Barat sebagai Tuan Rumah, yang kemudian penetapan tersebut dicederai,” tegasnya.

Abdul Muis mengajak para peserta KLB INI 2023 untuk mengembalikan dan menjalankan Perkumpulan sesuai AD/ART, serta menjaga budaya organisasi yang luhur dan bermartabat.

Pembukaan KLB INI 2023 turut dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT), Dr. Hapendi Harahap, yang berkehendak untuk menggandeng INI dengan kuat, sehingga berharap KLB INI 2023 dapat menciptakan organisasi yang kuat dan bermartabat.

Membersamai pembukaan kegiatan KLB INI 2023, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Dr. Habiburokhman, S.H., M.H., berharap KLB bisa diselenggarakan dengan demokratis, tertib, dan damai, serta menghasilkan suatu hasil yang tepat sasaran, mengingat pelaksanaannya sudah didasarkan pada AD/ART.

“Kami ingin acara ini sukses, sampai pengesahan nanti InsyaAllah kami support secara full. Hampir setiap hari kami mendapat atensi dari seluruh Indonesia yang mendukung KLB ini. INI organisasi besar yang harus diselamatkan, jangan sampai terpecah belah, apabila organisasinya berantakan, khawatirnya kinerja dalam melayani masyarakat akan berantakan juga. Maka siapapun yang terpilih akan kita bantu urus pengesahannya dan harus segera merangkul dan melayani rekan-rekan notaris se-Indonesia,” jelas Habiburokhman dalam wawancara bersama tim Media.

Wawancara Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Dr. Habiburokhman, S.H., M.H. dengan tim Media

Sebagaimana para peserta disambut dengan Tari Nusantara, pembukaan kegiatan KLB INI 2023 juga mengedepankan budaya Indonesia, yakni dengan pembunyian angklung secara simbolis oleh 25 Pengwil serta para peserta.

Pembukaan kegiatan diikuti dengan kegiatan memainkan angklung bersama serta pemaparan materi “Prinsip Mengenali Pengguna Jasa/PMPJ” oleh Martinef, S.H., M.Si (Majelis Pengawas Notaris).

Diketahui, KLB INI 2023 terbagi atas Sidang Pleno I, Sidang Komisi, Sidang Pleno II, Sidang Pleno III dan ditutup dengan Pemilihan serta Pelantikan Ketua Umum dan Anggota DKP Periode 2023-2026.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...