21 January 2021

Presiden Jokowi: Aturan Turunan UU Cipta Kerja Segera Terbit!

MediaJustitia.com: Presiden Joko Widodo menyatakan beberapa aturan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja sudah selesai. Pemerintah pun akan segera menerbitkan aturan turunan tersebut. Tebitnya aturan turunan ini guna mendukung peningkatan berusaha di Indonesia.

“Undang-undang cipta kerja telah diundangkan dan peraturan turunannya akan segera diterbitkan. Sudah ada yang selesai dan yang lain segera menyusul.” Ujar Jokowi dalam Penandatanganan Komitmen PMA dan PMDN dengan UMKM pada hari Senin (18/3/2021).

Sementara itu, ada beberapa aturan turunan UU Cipta Kerja yang masih dalam proses penyusunan. Jokowi menyatakan seluruh aturan turunan tersebut dibuat untuk meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia.

Namun, Presiden Jokowi belum menjelaskan lebih lanjut aturan turunan dari UU Cipta Kerja yang mana saja yang sudah selesai, dan masih dalam proses penyelesaian.

Lebih lanjut Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Dody Widodo memperkirakan aturan turunan Undang-Undang Cipta Kerja baru akan rampung pada akhir Februari 2020. Sejauh ini, pemerintah masih terus menggodok aturan turunan tersebut.

Aturan turunan dari UU Cipta Kerja ini memang membutuhkan waktu yang lama, sebab perlu adanya kordinasi dan singkronisasi antar lintas sektor kementrian dan lembaga.

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *