Proses Kreatif dalam Keilmuan, Ricardo Simanjuntak Kulik Hukum Kepailitan dalam Buku Keempat!

14 March 2023 | 355

MediaJustitia.com: Setelah melalui proses penggalian ilmu yang panjang dan mendalam, buku ke-4 karya Dr. Ricardo Simanjuntak, S.H., LL.M., ANZIIF, MCIArb dengan judul “Undang-Undang Kepailitan dan PKPU Indonesia Teori dan Praktek” telah rilis.

Perilisan buku dilakukan pada 13 Maret 2023 di JW Marriot, Kuningan, bersamaan dengan peringatan ulang tahun pernikahan dengan Sang Istri (Duma Dematrina Manurung, S.E) yang ke-28. 

Sejatinya, acara terbagi menjadi 3 sesi, antara lain ibadah, peluncuran buku, dan wedding anniversary.

Sesi peluncuran buku diawali dengan pemutaran video yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dalam video tersebut, Ricardo menceritakan mengenai cita-cita, ketertarikan untuk menulis, hingga pandangannya terhadap hukum, advokat, dan kepailitan itu sendiri.

Dr. Ricardo Simanjuntak, S.H., LL.M., AZIIF, MCIArb

“Ada 2 hal yang tumbuh dalam kehidupan saya, yakni keluarga saya dan bagian dari pertumbuhan yang saya alami. Saya selalu berusaha untuk membuat pertumbuhan itu dalam suatu tulisan. Buku ini merupakan satu tahapan dari proses kreatif saya dalam sisi ilmu, karena memang sudah saya sebut di dalam cetakan ketiga,” ujar Ricardo dalam sambutannya

Untuk diketahui, cetakan buku pertama Ricardo “Search Report on Indonesian Economics Law Infrastructures”, ditulis secara bersama-sama dengan disunting oleh Faisal H. Basri, dari situ Ricardo menjadi lebih ketagihan untuk menulis.  Cetakan kedua “Dispute Settlement Mechanisms Under the Asean Legal Frameworks, A Collective Commitment Creating the Rules-Based ASEAN Economic Community”, muncul akibat kecintaan Ricardo dengan ASEAN dengan ditulis dalam bahasa inggris dan beredar tidak hanya di Indonesia. Cetakan ketiga ditulis khusus dalam bidang hukum bisnis, yakni “Teknik Perancangan Kontrak Bisnis”.

“Di buku keempat ini saya mengkombinasikan beberapa hukum negara, karena yang kita butuhkan adalah buku itu mampu untuk memperkaya kualitas dan pemahaman hukum kepailitan. Saya sangat berterima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian, mudah-mudahan bisa menginspirasi. Saya tunggu feedback yang bisa dijadikan untuk perbaikan berikutnya,” pungkas Ricardo.

Buku Kepailitan yang dalam penerbitannya dibantu oleh Kontan dan Gramedia, akan dijual di seluruh Indonesia. Ricardo berharap buku tersebut dapat berguna dalam menjadi lokomotif pertumbuhan kepailitan secara nasional.

Pada buku tersebut juga, Ricardo telah mencanangkan akan menerbitkan buku ke-5 mengenai hukum asuransi.

Adapun tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut mencapai 300 orang terdiri atas sahabat-sahabat Ricardo dan Duma, yang sebagian besar juga merupakan tokoh atau figur hukum terkemuka di Indonesia.

Ucapan selamat dari sahabat-sahabat Ricardo Simanjuntak

Ricardo turut memberikan kesempatan bagi beberapa sahabatnya untuk memberi sepatah duapatah kata terkait perilisan bukunya, antara lain kepada Dr. Junimart Girsang, S.H., M.BA., M.H. (Wakil Ketua Komisi II DPR-RI), Imran Nating, S.H., M.H. Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI), Dr. H. Arsul Sani, S.H., M.Si, Pr. M. (Wakil Ketua MPR RI), Budi Tampubolon (Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia/AAJI), Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H. (Media Sobat Jimmy Simanjuntak), dan Prof. Dr. M. Hadi Shubhan, S.H., M.H., C.N. (Guru Besar Hukum Kepailitan UNAIR). 

Kesemua sahabat tersebut menuturkan rasa bangga dan kagumnya terhadap Ricardo, serta menantikan karya-karya Ricardo yang selanjutnya agar dapat menjadi inspirasi, referensi, dan butir-butir baik bagi dunia hukum.

Secara khusus, Ricardo memberikan buku secara simbolis kepada 20 advokat senior, 20 orang dari kalangan pelaku Industri, dan 19 orang advokat muda.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan perayaan wedding anniversary yang tak kalah disambut meriah oleh tamu undangan. Ricardo dan Duma, beserta 5 orang anaknya berjalan beriringan memasuki ruangan. Keduanya kemudian melakukan pemotongan kue secara simbolis sebagai lambang bahwa segala permasalahan dapat diatasi bersama.

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...