Ramai Peminat, Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Justitia Training Center Lahirkan Contract Drafter Bersertifikat!

18 July 2023 | 135

MediaJustitia.com: Bersama Perkumpulan Ahli Hukum Kontrak Indonesia (PAHKI), Justitia Training Center telah menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan ke – XXXV.

Diketahui, pelatihan yang ramai diminati ini diikuti oleh 37 orang peserta dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

Kegiatan ini terselenggara secara daring melalui Zoom Meeting selama 4 (empat) hari pada 12-15 Juli 2023.

Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak ini dibuka oleh Direktur Pelatihan dan Sertifikasi Justitia Training Center Dhea Yulia Maharani, S.H., CCD., C.Med yang mewakili Presiden Direktur Justitia Training Center Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med.

“Dalam kegiatan empat hari kedepan kami akan menghadirkan para pakar yang ahli di bidang perancang kontrak, yang mana kami harapkan dengan adanya kegiatan ini tentu para peserta output-nya setelah kegiatan ini selesai bisa mengikuti kegiatan uji sertifikasi perancang kontrak yang sudah terlisensi oleh BNSP melalui LSP Justitia. Dan oleh karenanya nanti juga berhak untuk menerima sertifikat kompetensi sebag perancang kontrak bersertifikat,” ujar Dhea.

Dhea mengaku, dalam Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak angkatan ini begitu banyak antusias dan minat dari para peserta hingga terdapat beberapa pendaftar baru yang terpaksa dialihkan ke batch selanjutnya guna tetap menjaga kondusifitas pelatihan.

Dalam kesempatan ini Justitia menghadirkan para narasumber yang ahli di bidangnya, di antaranya adalah Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. yang juga merupakan Ketua Umum DPP PAHKI, Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.M.; Assoc. Prof. Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., M.S.; dan Jesconiah Siahaan, S.H., LL.M. 

Dengan garis besar materi yang difasilitasi oleh Justitia kepada para peserta antara lain sebagai berikut:

  1. Pengantar Hukum Kontrak dan Pemahaman Dasar Penyusunan Kontrak Perjanjian;
  2. Struktur dan Anatomi Kontrak;
  3. Teknik Menyusun Rancangan Kontrak;
  4. Teknik dan Strategi Melakukan Negosiasi Kontrak;
  5. Teknik Review Dokumen Kontrak;
  6. Teknik Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak;
  7. Teknik Penyusunan Kontrak Bisnis Internasional;
  8. Bilingual Contract Drafting;
  9. Strategi Penyelesaian Sengketa Kontrak (Litigasi dan Non Litigasi);
  10. Simulasi Penyusunan Dokumen Kontrak.

Sebagaimana yang telah disampaikan, setelah dibekali materi selama 3 (tiga) hari, para peserta kemudian diuji kompetensinya oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia yang merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) agar dapat dinyatakan kompeten dalam melakukan perancangan kontrak.

Maxi Djelot Alierbitu Hayer, S.H, M.H seorang advokat yang juga menjadi salah satu peserta mengatakan, sebagai advokat harus memiliki kemampuan dalam berbagai hal terutama dalam merancang berbagai produk hukum termasuk kontrak atau paling tidak untuk memiliki kemampuan dalam me-review kontrak dari pihak klien ataupun counterpart.

“Saat ini saya diminta bergabung oleh beberapa perusahaan internasional di Indonesia yang memerlukan bantuan atau jasa advokat/ konsultan hukum/ praktisi hukum dalam hal merancang atau me-review kontrak, praktisi hukum perusahaan dan hubungan industrial juga konsultan hukum pajak dan konsultan hukum di bidang kepabeanan dan cukai. Karna alasan tersebut maka selain CV dan pengalaman praktis saya memerlukan sertifikasi kompetensi di bidang-bidang tersebut. Hal ini yang menjadi alasan bagi saya untuk mengikuti pelatihan sertifikasi a quo,” ujar Maxi saat diwawancarai oleh tim Media Justitia.

Maxi mengaku, penyelenggara kegiatan pelatihan sertifikasi ini sangat profesional.

“Terasa setiap personil Justitia sangat menguasai bidang nya secara profesional, berpengalaman dan ramah serta siap setiap saat turun tangan membantu setiap pertanyaan atas “permasalahan” yang saya dan peserta lainnya butuhkan kapan dan di mana saja. Benar-benar team work yang luar biasa dengan pekerjaan yang sangat luar biasa,” tambahnya.

Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak angkatan selanjutnya akan dilaksanakan pada 09-12 Agustus 2023. Informasi mengenai jadwal dan pendaftaran dapat menghubungi +62 811-1021-126 (Syifa) dan +62 811-9951-492 (Nita).

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...