28 January 2021

SAH! Presiden Jokowi Lantik 5 Dewan Pengawasa LPI

MediaJustitia.com: Presiden Jokowidodo (Jokowi) secara resmi melantik struktur keanggotaan Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau dana abadi (SWF) bernama Indonesia Invesment Authority (INA) di Istana Negara.

Pelantikan Dewan Pengawas LPI digelar di Istana Negara, Rabu 27/1/2021). Prosesi pelantikan dilaksanakan dengan menerapkan protocol Kesehatan secara ketat. LPI ini berdasar pada ketentuan PP Nomor 24 Tahun 2020 nantinya akan mengemban tugas bertugas melakukan pengawasan atas penyelenggaraan LPI yang dilakukan oleh Dewan Direktur. Dewan ini diketuai oleh Menteri Keuangan (merangkap anggota) dan beranggotakan Menteri BUMN serta tiga orang lainnya yang berasal dari unsur profesional. Yang sudah telah melalui persetujuan dari DPR RI.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan kemudian pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Penangkatan Keanggoaan Dewan Pengawas LPI. Dewan Pengawas LPI diangkat melalui Keppres 6/P/2021 tentang Pengangkatan eanggotaan Dewan Pengawas LPI yang dibacakan Sekretaris Kementriaan Sekretariat Negara:
Adapun susunan Keanggotaan Dewan Pengawas LPI adalah sebagai berikut:
1. Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai Ketua merangkap Anggota
2. Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir sebagai Anggota
3. Darwin Cyril Noerhadi sebagai Anggota Masa Jabatan 2021 – 2026, yang merupakan salah satu investor terkemuka dan pendiri firma finansial Creador Indonesia.
4. Yozua Makes sebagai Anggota Masa Jabatan 2021 – 2025, pendiri dan managing partner firma hukum Makes & Partner, dengan pengalaman transaksi akuisis dan merger
5. Hariyanto sebagai Anggota Masa Jabatan 2021 – 2024, yang merupakan akuntan public senior

Dalam pengambilan sumpah jabatan ini, hadir pula sejumlah pejabat tinggi diantaranya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Adapun, upacara pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah atau janji jabatan yang dipimpin oleh Presiden. Menutup rangkaian upacara pelantikan, Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma’ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik.

Baca Juga

Pusat Studi Terkait

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *