Memberikan Bekal Pemahaman dan Kompetensi Perancang Kontrak, Justitia Training Center Bersama PAHKI Menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan XLI

20 February 2024 | 22
Sesi foto bersama kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan XLI

Mediajustitia.com: Justitia Training Center dan Perkumpulan Perancang dan Ahli Hukum Kontrak Indonesia (PAHKI) telah menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan XLI pada 15 Februari – 18 Februari 2024.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari berbagai kalangan baik individu dan juga institusi swasta maupun pemerintahan, kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom selama empat hari. Di hari terakhir para peserta akan diuji kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Justitia yang sudah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi (BNSP) terkait dengan skema perancang kontrak.

 

Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med. selaku Presiden Direktur Justitia Training Center membuka kegiatan ini dengan menyampaikan pentingnya memahami perancangan kontrak untuk individu dan juga institusi baik swasta maupun pemerintahan.

 

“Kita berharap dengan mengikuti pelatihan ini bapak ibu akan mendapatkan kompetensi, kita juga memahami bahwasanya kontrak adalah hal yang sangat penting yang dilakukan oleh kita secara individu maupun institusi, karena kontrak merupakan Undang-Undang bagi para pembuatnya, sehingga dalam penyusunan sebuah kontrak harus dibekali pemahaman bahwa kontrak itu harus bisa melindungi hak dan kepentingan hukum para pihak saat pelaksanaan kontrak bahkan setelah kontrak itu selesai,” jelasnya.

 

Andriansyah juga menambahkan bahwa sebagai perancang kontrak harus mampu melihat substansi khusus dalam suatu kontrak agar tidak timbul masalah.

 

“Biasanya kita selalu membuat kontrak itu mengambil template kontrak-kontrak yang sudah ada, atau kontrak yang sudah pernah dibuat oleh perusahaan ataupun institusi yang kita wakili, ini terkadang yang menjadi masalah adalah karena belum tentu hak dan kewajiban serta substansi khusus dalam suatu kontrak yang satu dengan yang lain itu sama, itulah pentingnya pemahaman ataupun kompetensi dalam penyusunan sebuah kontrak,” tambahnya.

 

Dalam pelatihan kali ini, Justitia Training Center menghadirkan para narasumber dan kurikulum yang berkualitas. Para peserta pelatihan juga dibekali materi dengan garis besar sebagai berikut:

 

  1. Pengantar Hukum Kontrak
  2. Struktur dan Anatomi Kontrak Teknik
  3. Teknik Penulisan Klausul dalam Kontrak
  4. Teknis Menyusun Kontrak Bisnis
  5. Bahasa dalam Kontrak
  6. Teknik Negosiasi Kontrak
  7. Strategi Penyelesaian Sengketa Kontrak (Litigasi dan Non LItigasi)
  8. Bilingual Contract Drafting
  9. Teknik Penyusunan Kontrak Bisnis Internasional
  10. Teknik Finalisasi Dokumen Kontrak
  11. Teknik Review Dokumen Kontrak
  12. Simulasi Penyusun Dokumen Kontrak dan Pembahasan

 

Adapun narasumber yang dihadirkan pada pelatihan ini antara lain, Assoc. Prof. Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., MMgt.; Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.; Prof. Dr. Faisal Santiago, S.H., M.M.; Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CCD., CTLC., CMLC., C.Med.; Jesconiah Siahaan, S.H., LL.M.; Alvin Ambardy, S.H.

 

Salah satu peserta pelatihan, Fikki Nurcahyo, S.H. dari kementrian BUMN saat diwawancarai oleh tim Media Justitia mengatakan bahwa mengikuti pelatihan ini guna menambah pengetahuan drafting.

 

“Latar belakang saya mengikuti pelatihan ini adalah karena diikutsertakan oleh kantor guna menunjang upgrade skill dan menambah pengetahuan drafting untuk diterapkan dalam review Kontrak yang ada di BUMN,” jelasnya.

 

Fikki juga menambahkan bahwa pelatihan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi peserta, utamanya yang sering berhubungan dalam perjanjian kerjasama dan lainnya, penyelenggaraan pelatihan juga terjadwal dan rapi serta pelayanan pihak Justitia juga memuaskan,” tambahnya.

 

Fikki menutup sesi wawancara dengan memberikan masukan agar pelatihan bisa dilakukan secara luring agar bisa berinteraksi langsung dengan narasumber.

 

“Masukannya, agar pelatihan ini lebih sering dilakukan secara luring agar lebih mudah interaksi dengan narasumber, serta ditambahkan agenda praktek penyusunan kontrak sebelum adanya ujian/asesmen,” tutupnya.

 

Pelatihan dan Sertifikasi Perancang Kontrak Angkatan selanjutnya akan dilaksanakan kembali tanggal 6 s.d 9 Maret 2024. Informasi mengenai pendaftaran pelatihan dan sertifikasi dapat menghubungi +62 811-1021-126 (Syifa) atau +62 811-1811-492 (Ghifari).

banner-square

Pilih Kategori Artikel yang Anda Minati

View Results

Loading ... Loading ...